Bupati Tanjab Barat Buka Rakor Pembinaan Kades Triwulan Ke-3

Posted by On Thursday, May 17, 2018


Kualatungkal, (puterariau.com)

Bupati Tanjabbarat Dr. Ir H Safrial MS membuka rapat Kordinasi Pembinaan Kepala Desa Triwulan ke-2 yang diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati pada Senin lalu (14/5/2018).

Berdasarkan laporan Kepala Dinas PMD, H. Mulyadi SPd MKes, Rapat Koordinasi Pembinaan Kepala Desa ini digelar dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa, antara Kecamatan dan Pemerintah Daerah serta sebagai wahana untuk saling bertukar informasi. Peserta rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh Kepala desa dan 13 Camat di lingkup Kabupaten Tanjab Barat.

Bupati menyampaikan dalam sambutannya, penyelenggara Pemerintah desa mulai dari Kepala Desa dan Perangkat Desa harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai bentuk inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Saya ingin setiap Kepala Desa yang ada di Kabupaten Tanjab Barat dapat membawa perubahan yang positif,” ujar Bupati.

Masih kata Bupati, dalam bidang pembangunan desa, Pemerintah Desa dituntut untuk dapat menyusun rencana kerja pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan efektifitas dan efisiensi keuangan desa. Pemenuhan pelayanan dasar, sarana dan prasarana desa serta pengembangan ekonomi lokal desa harus menjadi perhatian Pemerintah Desa.

Apalagi dalam bidang pembinaan masyarakat, pemerintah desa dituntut untuk membina keamanan, ketertiban, ketentraman dan memelihara kerukunan. Begitu pula dalam bidang pemberdayaan masyarakat, Pemerintah desa dapat memfasilitasi kelompok-kelompok masyarakat melalui pelatihan usaha ekonomi, pendayagunaan teknologi tepat guna, peningkatan kapasitas masyarakat melalui kader pemberdayaan masyarakat, kelompok usaha, kelompok tani, dan lainnya.

“Dari sekian banyak kewenangan yang saya sebutkan diatas, minimal ada perubahan-perubahan positif yang dapat saudara terapkan selama menjabat sebagai Kepala Desa, saat ini bukan zamannya lagi berbuat apa adanya, kita semua harus berubah menjadi lebih baik, untuk itu kita perlu kreatifitas dan inovasi,” tegas Bupati.

Rapat koordinasi pembinaan Kepala Desa ini dihadiri, Kepala PMD, Asissten, Staff Ahli, Kepala OPD, dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (hms/yd/tng
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »