Anjloknya Harga Karet, Ekonomi Masyarakat Kuansing Kian Terpuruk

Posted by On Wednesday, April 04, 2018


Taluk Kuantan, (puterariau.com)

Pengamat ekonomi dan juga dosen tetap UIN Riau, Trian Zulhadi, SE MEc mengatakan bahwa ekonomi Kuansing saat ini menurun drastis. Hal itu disebabkan oleh anjloknya harga karet sehingga ekonomi masyarakat Kuansing terjadi ketidakstabilan. 

Hal tersebut diungkapkannya saat dikonfirmasi puterariau.com di rumahnya. Ia mengatakan bahwa salah satu faktor besarnya pengeluaran dari pada pendapatan setiap hari untuk rumah tangga di Kuansing. Itu karena berkurangnya pendapatan hasil segi pertanian karet.

"Karena kita menengok 50 persen ekonomi masyarakat Kuansing tergantung dari pertanian karet, jadi kita harus melakukan perubahan atau beralih memikirkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan mengumpamakan atau seandainya harga karet tidak kunjung naik, tentu harus mengoptimalkan (APBD)," katanya.

Jika Pemerintah mampu mengoptimalkan APBD, tentu bisa mengatasi permasalahan ekonomi yang memang sedang jatuh pada masa Pemerintahan Presiden Jokowi sejak terpilih beberapa waktu lalu.

"Kalau hal ini terus dibiarkan terpuruk, maka ekonomi Kuansing untuk beberapa tahun kedepan akan berdampak besar pada masyarakat Kuansing umum nya, sehingga bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran," ujarnya. (roder)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »