Kadis PUPR Nias Utara : Pembangunan Jalan Lingkar Nias Utara Ke Nias Barat Merupakan Inspirasi Masyarakat

Posted by On Saturday, March 31, 2018


Nias Utara (PR Nias)

Pembangunan jalan lingkar penghubung Kabupaten Nias Utara ke Kabupaten Nias Barat Propinsi Sumatera Utara sangat terinspirasi bagi masyarakat setempat dimana akses transportasi kedua daerah tersebut akan semakin lancar.

Mengutip berbagai informasi dari media sosial bahwa pembangunan itu dimulai tahun ini dengan persyaratan menyerahkan surat pernyataan berupa hibah dari warga setempat yang dilalui pembangunan jalan lingkar dan dikordinir langsung oleh Pemkab.

Yulius Zai ST MEng, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara mengatakan bahwa pembangunan jalan lingkar tersebut yang menghubungkan Kabupaten Nias Utara dengan Nias Barat diperkirakan menelan anggaran kurang lebih 35 miliar untuk tahap pertama. Pembangunan jalan lingkar yang menyusuri beberapa wilayah tersebut akan selesai dalam 1-2 tahun anggaran.

Menurutnya, panjang jalan yang akan dibangun sekitar 43 km dan lebar 20 meter mulai dari Kecamatan Afulu, Alasa, Tugala'oyo di Nias Utara dan Nias Barat Mandrehe Barat, Moro'o dan Sirombu. 

Sementara lokasi di beberapa Kecamatan di Nias Utara tersebut yang melintasi jalan lingkar mulai dari Faekhunaa, Ononamolo, Bitaya, Saota Kawe, Ononamolo luaha Noyo, Lolomboli, Ombolata, dan Tugalagawu. 

"Beberapa wilayah atau daerah tersebut surat hibah tanah sudah ada, dan sudah kita sampaikan ke Kementrian PUPR beberapa hari lalu," ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi program pembangunan jalan lingkar dari Kementerian PUPR ini karena dapat meringankan beban anggaran APBD Kabupaten Nias Utara dalam pembangunan infranstruktur.

"Sehingga kita dapat mengalokasikan anggaran APBD di berbagai lokasi Kabupaten Nias Utara untuk pembangunan lain," katanya. 

Yulius Zai menghimbau masyarakat untuk selalu aktif mendukung kegiatan ini serta secara bersama-sama senantiasa mengawasinya kedepan.

Storis Hia, masyarakat setempat yang wilayahnya dilintasi pembangunan jalan lingkar tersebut mengucapkan terima kasih pada Kementrian PUPR dan Pemerintah Daerah yang telah berupaya mengusahakan pembangunan jalan lingkar yang jadi harapan masyarakat tersebut.

Ia berharap agar harapan masyarakat benar-benar direalisasikan. "Kami sangat mengapresiasi pembangunan ini," sebutnya. (Ken)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »