Tingkatkan Fungsi Pendampingan, RKB Pertamina Pekanbaru Gelar Pelatihan E-commerce

Posted by On Wednesday, February 21, 2018

Photo bersama perserta pelatihan dengan Fasilitator RKB Pekanbaru dan Narasumber

Pekanbaru, puterariau.com

Upaya pembangunan manusia Indonesia agar lebih produktif terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya melalui Kementerian BUMN, mengingat UMKM merupakan soko guru ekonomi kerakyatan Indonesia. Hal ini terbukti ekonomi kerakyatan yang menjadi penyelamat pada saat krisis ekonomi Indonesia.

Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN (disingkat RKB) sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

Dan kali ini PT Pertamina (Persero) melalui RKB Pertamina Pekanbaru mengajak UKM yang telah menjadi binaannya untuk menempuh strategi pemasaran baru dan sedang menjadi trend dengan berjualan melalui pemasaran online (e-commerce) kepada 25 UMKM pada Rabu (21/2/2018) di Rumah Kreatif Pertamina Pekanbaru yang terletak di Jl.HR Soebrantas.

Dalam melaksanakan kegiatan ini RKB bersinergi dengan CIS Riau yang merupakan salah satu dari satu Lembaga Pengembangan Bisnis yang ada di Provinsi Riau sebagai pemateri kegiatan oleh Konsultan Pemasaran PLUT-KUMKM Riau.

Menurut penuturan dari fasilitator RKB Pekanbaru Teresia Maririsky, SE., MH, RKB Pertamina Pekanbaru akan mengadakan workshop kewirausahaan untuk UMKM mitra binaan RKB Pekanbaru secara berkelanjutan dalam memacu kompetensi para pelaku usaha.

Langkah ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk karena sangat mudah dan bisa menjangkau pasar yang lebih besar. Hari ini kita mengambil thema pelatihan yaitu “Sukses Berbisnis Online di Facebook”. Karena kita melihat mitra binaan kita sudah banyak yang berjualan online, salah satunya melalui Facebook. Namun masih belom optimal penggunaannya karena tidak dikelola dengan baik.

Pemaparan materi E-commerce Sukses Berbisnis Online di Facebook oleh Konsultan Pemasaran PLUT-KUMKM Provinsi Riau Sudiarno Tamba

Setelah mendengarkan pemaparan materi, peserta membuat toko online usaha mereka di Facebook

Melalui kegiatan yang diikuti sebanyak 25 UMKM ini ia berharap peserta yang ikut tersebut bisa segera berjualan melalui toko online di fanpage Facebook. Ke depan, pihaknya akan menyiapkan pelatihan dengan keahlian berbeda. ''Arahnya untuk mendorong UKM tersebut supaya inovatif dan kreatif. Intinya Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM" tutupnya. (eka)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »