Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Terbaik Pencapaian WTP Pekanbaru 2016

Posted by On Thursday, February 22, 2018

PEKANBARU (PR)  - Pemerintah Republik Indonesia (RI), melalui Kementerian Keuangan (RI) memberikan penghargaan terbaik atas keberhasilan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan pencapaian standar tertinggi.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan berdasarkan opini yang diraih Pemko Pekanbaru dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), yang pada tahun 2016 lalu menganugerahkan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Terimakasih kepada Ibu Menteri Keuangan yang sudah memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang mendapatkan WTP, dan kita 2016 Alhamdulillah mendapatkan WTP dan baru sekarang diberikan secara seremonial," ujar Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi S,Si saat menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan di kantor Wali Kota.

Selain mendapat penghargaan, Pemerintah Pekanbaru juga mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) tambahan sebesar Rp 27 miliar dari Kementerian Keuangan RI.  DID tersebut diperoleh atas hasil pemeriksaan keuangan, laporan pencatatan aset dan pengelolaan keuangan yang baik Pemko Pekanbaru di tahun 2016.

"Alhamdulillah kita juga mendapatkan DID tambahan sebesar 27 Milyar. Nah, kepada BPKAD dan seluruh tim tentu kita harapkan ini mudah-mudahan dapat dipertahankan untuk tahun berikutnya," harap Ayat.

Sementara, Plt BPKAD Kota Pekanbaru Alex Kurniawan mengatakan pemberian dana tambahan DID ini merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang mempunyai prestasi dalam pengelolaan keuangan. Ini juga merupakan bonus dan motivasi dari pemerintah pusat agar hasil kinerja yang sudah diraih dapat dipertahankan dan meningkat di tahun berikutnya.

"DID ini akan dimasukkan langsung dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2018. DID yang diperoleh ini akan dituangkan ke dalam APBD tahun 2018 dan akan digunakan sesuai dengan peruntukkannya, terutama untuk pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah di Kota Pekanbaru," pungkas Alex. (dil/kominfo).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »