Guna Tingkatkan Pelayanan, Kepala UPTD Pukesmas Se-Rohil Dilantik

Posted by On Friday, February 09, 2018


Rohil, (puterariau.com)

Sejumlah Kepala UPTD Pukesmas se-Kabupten Rokan Hilir dilantik Wakil Bupati Rohil Drs H. Jamiludin. Pelantikan 20 Kepala UPTD Pukesmas tersebut diadakan di lantai III Kantor BPKAD, Kamis kemarin (8/2/2018) di Bagansiapiapi.

Setelah melantik jabatan Kepala UPTD Puskesmas, Wakil Bupati Drs H. Jamiludin mengatakan bahwa pelantikan Kepala Pukesmas ini adalah 'Uji Coba', jika tak mampu melayani masyarakat dan tidak memiliki pengaruh akan diganti kembali.

Sementara Kadis Kesehatan, Hj Dahniar Mkes menyebutkan pelantikan berdasarkan Permendari Nomor 12 tahun 2017, jabatan UPTD Pukesmas adalah jabatan fungsional bukan struktural lagi. Dasar dari pelantikan tentunya harus cepat dan masih banyak beberapa program yang harus dikejar tahun 2018.

Menurur Dahniar, salah satu untuk menghadapi akreditasi lingkungan Pukesmas tahun 2019 ialah wajib tercapai seluruh fasilitas memadai, artinya pelayanan sudah sama dimana-mana seluruh Indonesia di tingkat Nasional.

Di tahun 2018 ada sembilan Pukesmas hadapi akreditasi dan 2017 lalu, enam Pukesmas sudah akreditasi maka pada tahun 2019 harus segera mungkin disiapkan kematangan pelayanan oleh karena tim penilai akreditasi independen tapi masih di bawah lingkup Menteri Kesehatan akan melakukan penilaian.

Pukesmas telah punya pengelola keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang filosofinya bagaimana menyiapkan mutu dan kualitas pelayanan pubik sesuai standarisasi SOP.

"Dana BLUD tidak lagi menunggu mekanisme seperti APBD dana BLUD. Kapan bisa dipergunakan sesuai kebutuhan yang mendesak karena tidak mungkin menunggu APBD dalam mengurus orang sakit bisa-bisa orang tersebut jadi pingsan nanti," terang mantan asisten IV ini.

Dikatakan Kepala UPTD harus menyiapkan tahapan administrasi yang selanjutnya didampingi BPKP mungkin terakhir minggu depan semua administasi telah kelar di upload.

Program BLUD 2018 seharusnya sudah ada karena akreditasi akan diserentakkan secara teknis semua Pukesmas akan membuat laporan BLUD masuk ke kas daerah dan dana langsung bisa digunakan asal tidak bertentang dengan aturan.

Dijelaskan Dahniar bahwa harapan Kepala Pukesmas mampu memberikan pelayanan terbaik, dengan memiliki sarana dan prasarana disertai pengelola sesuai prosedur. 

"Akreditasi non fisik sumber dana pusat Kepala UPTD bersangkutan harus siap, pelantikan memiliki target capaian penilaian dan pekerjaan dievaluasi," tambahnya.

Adapun nama Kepala UPTD Pukesmas yang dilantik, Pukesmas Bangko, dr. Erwinto, Pukesmas Bagan Punak dr. Eka Setia Miharja, Pukesmas Kubu dr. Hendri Siswandi, Pukesmas Bantaiyan dr. Azzah Rawani, Pukesmas Panipahan dr. Netty Juliana, Pukesmas Bagan Batu dr. Josafat Riel Silalahi, Pukesmas Bangko Jaya drg. Jhon Effendi Panjaitan, Pukesmas Tanah Putih Tanjung Melawan, Deddy Masrul SKM, Pukesmas Pujud dr. Sri Asmara, Pukesmas Simpang Kanan drg. Nini Juniarti Hasibuan, Pukesmas Rimba melintang,  dr. Indah Novia Dewi.

Kemudian Pukesmas Sinaboi dr. Suherman, Pukesmas Pedamaran dr. Yuddy Gustiano, Pukesmas Kubu Teluk Merbau dr. Abdul Rohim Siregar, Pukesmas Boltrem, dr. Sri Purwati ningsih, Pukesmas Tanjung Medan dr. Agri Divonanda.

Pukesmas Sedinginan Eka Syafridilla, Pukesmas Rantau Kopar, Romy Cahyadi, Pukesmas Bangko Kanan, Harjana Nanang, SKM, dan Pukesmas Balai Jaya, dr.Henti. (sofyan) 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »