Bupati Nias Utara Hadiri Musrenbang Kecamatan Afulu

Posted by On Thursday, February 15, 2018


Nias Utara, (puterariau.com)

Musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan Afulu merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam proses perencanaan pembangunan di tahun 2019 kedepan. Pelaksanaan Musrenbang ini dilaksanakan tepat di halaman Kantor Camat Afulu selama 2 hari, (Senin, Selasa 12-13/02/2018).

Musrenbang Kecamatan Afulu yang pada hari Senin 12/02/2018 dihadiri Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dan anggota DPRD Dapil 4 Sonahia Gea dan Amizaro Waruwu (MR. Long), Kepala Bappeda serta Beberapa Instansi SKPD Kabupaten Nias Utara. Kapolsek Arius Zega, Danramil Lahewa F. Zebua serta beberapa unsur Muspika, Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara.

Camat Afulu Sokhiato Zalukhu dalam penuturannya mengatakan sangat berterima kasih dengan program Musrenbang tahun 2019. Dengan kegiatan musrenbang ini sembari menindak lanjuti surat Bupati pada tanggal 30 Januari lalu dimana sudah diterima dan sudah dilanjuti di tingkat desa beberapa bulan lalu.

"Hari ini kita melaksanakan musrenbang tingkat Kecamatan, tujuan kita berkumpul di halaman kantor Camat ini untuk merencanakan dan mengusulkan pembangunan supaya menjadi prioritas utama kita masyarakat Kecamatan Afulu di tahun 2019 kedepan," katanya.

Lebih lanjut Camat mengutarakan bahwa masyarakat Kecamatan Afulu yang beberapa desa sangat berterima kasih kepada Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Kepala Dinas PUPR dan BAPPEDA Kab. Nias Utara, dimana pembangunan yang sedang dilaksanakan saat ini menjadi salah satu unsur membangun Kecamatan dan mengembangkan SDM masyarakat Kecamatan Afulu.

Lanjut Camat Afulu, dalam Musrenbang ini salah satu program tingkat Kecamatan Afulu dimana infrastruktur jalan yang sangat dibutuhkan baik masyarakat maupun anak sekolah di Kecamatan Afulu dari simpang Afulu menuju Onozalukhu Kecamatan Lahewa melewati Sisobahili dimana tepat di lingkungan SMA Negeri 1 Afulu sudah tidak bisa difungsikan baik masyarakat terlebih lebih anak sekolah.

"Hal ini kami sangat mengharapkan supaya pihak Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam hal infrastruktur jalan tersebut mengapresiasi," ujar Camat.

Sonahia Gea, anggota DPRD Dapil 4 sangat mendukung dan mengapresiasi aspirasi masyarakat Kecamatan Afulu baik di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan. Namun, ada tahapan  dalam perencanaan pembangunan melalui musrebang tingkat Kabupaten.

"Harapan kita bersama supaya setiap Desa di Kecamatan Afulu dapat tersentuh program pembangunan terlebih lebih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara supaya menjadi Skala Prioritas utama aspirasi masyarakat kecamatan afulu dan dapat diapresiasi demi membangunan dan mengembangkan ekonomi masyarakat Kecamatan Afulu," ujarnya.

Bupati Nias Utara M Ingati Nazara dalam arahannya mengatakan Musrenbang ini merupakan cara kita melakukan satu sinergi pembangunan di Kecamatan Afulu, tentu dalam Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini kita tidak bisa melakukan dalam waktu yang bersamaan melainkan dengan cara berjenjang karena Kabupaten Nias Utara ada beberapa Kecamatan, dan desa. Tetapi kita melakukan dengan cara berskala, terprogram dan berkelanjutan," ujarnya.

Pembangunan di Kecamatan Afulu tahun 2018 ini di berbagai bidang dengan anggaran sebesar Rp. 12.892.890.000 (Dua Belas Miliar Delapan Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Rupiah) dari anggaran ini tentu lebih apresiasi beberapa program dengan skala skala terprioritas yang harus di sentuh di Kecamatan Afulu.

"Untuk pembangunan di Sisobahili Kecamatan Afulu dari jalur simpang Afulu ke Onozalukhu tahun 2018 ini. Telah terprogramkan dengan anggaran 2 miliar dan pembangunan ini tentu dengan cara tahapan tahapan yang berjenjang," ujarnya. (Meifermanto Gea)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »