Paguyuban Nias Riau Akan Lakukan Aksi Damai Ke PT RCM

Posted by On Sunday, November 19, 2017


Pekanbaru, (puterariau.com)

Atas tindakan manajemen PT RCM yang melakukan pemecatan sepihak kepada Januari Gea, serta pengusiran dari rumah, maka Paguyuban Nias Riau segera melakukan aksi yang akan dilaksanakan pada Selasa (21/11).

Aksi ini disebut sebagai wujud solidaritas sesama anggota Paguyuban suku Nias yang ada di Propinsi Riau.

Aksi ini langsung dipimpin oleh Sefianus Zai Ketua Umum IKNR dan Drs. Sozifao Hia, MSi Ketua DPD HIMNI Riau.

Sefianus Zai kepada media menyampaikan bahwa aksi ini terpaksa dilakukan karena pihak perusahaan sama sekali tidak ada niat baik untuk melakukan penyelesaian secara kekeluargaan.

"Bayangkan saja pada Jumat kemarin, kami yang mengunjungi Januari Gea di lokasi perusahaan didampingi oleh Kepolisian yang dipimpin oleh Kapolsek, pintu ampang-ampang malah tidak dibuka, "ucapnya.

Ia menambahkan bahwa sampai saat ini kondisi Januari Gea sekeluarga semakin memprihatinkan sejak diusir dan ditelantarkan serta dibiar tidur di luar rumah," paparnya.

Januari Gea yang diperlakukan tidak manusiawi oleh perusahaan PT. RCM sejak pekerja yang berasal dari Kepulauan Nias ini kecelakaan kerja (nyaris putus pergelangan kaki kena mata pisau mesin potong rumput) yang membuat ia cacat seumur hidup.

Aksi ini akan menurunkan sekitar 1.000 orang yang datang dari Kab/Kota se-Propinsi Riau.

Titik aksi dilaksanakan di Kantor PT. RCM, Jalan Siak II Palas Rumbai Pekanbaru dan ke titik kumpul di halaman Disnakertrans Propinsi Riau Jalan Pepaya Pekanbaru.

Mereka meminta agar Januari Gea dikembalikan ke dalam rumah oleh perusahaan dan meminta perusahaan segera melaksanakan kewajibannya kepada Januari Gea sesuai ketetapan Disnakertrans. 

Aksi damai ini diketuai oleh Amponiman Bate'e (Sekum IKNR) dengan penanggung jawab aksi Sefianus Zai Ketum IKNR dan Sozifao Hia Ketua DPD HIMNI Riau. (ari okta)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »