Pacu Jalur Tradisional Kuansing Propinsi Riau Dinobatkan Sebagai Pariwisata Terpopuler Indonesia

Posted by On Saturday, November 25, 2017


Jakarta, (puterariau.com)

Pacu Jalur tradisional Kuantan Singingi dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler di Indonesia di ajang Anugrah Pesona Indonesi (API). 

Penyerahan piala API dari Kementrian Pariwisata ini akan diterima langsung oleh Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini, MSi Sabtu malam (25/11) di Jakarta.

Penyerahan piala API ini, menurut keterangan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Marwan SPd MM menyebutkan berdasarkan informasi yang diterima dari penyelenggara kegiatan bahwa penyerahan piala API tersebut semula memang akan disiarkan langsung oleh saluran televisi Metro TV,  akan tetapi dari informasi terakhir yang diperolehnya dari pihak panitia penyelenggara hanya siaran tunda di Metro TV yang akan ditayangkan pada tanggal 4 Desember 2017.  

Namun untuk siaran langsungnya dapat ditonton melalui beberapa akun instagram penyelenggara di @apiaward.

“Semula kita mendapat informasi dari panitia memang penyerahan piala API ini akan disiarkan langsung oleh Metro TV akan tetapi informasi terakhir yang kami peroleh dari panitia hanya disiarkan melalui siaran tunda yang acaranya juga langsung dilaksanakan di Metro TV,” ujar Marwan didampingi Kadis Kominfo.

Kadis Kominfo Kuansing, Ir. H Samsir Alam, MM menjelaskan bahwa hal ini sekaligus meluruskan informasi terkait penyerahan piala API yang akan diterima Bupati Kuansing Mursini dimana semula diinformasikan akan ditayangkan secara langsung melalui Metro TV.

Keberhasilan Pacu Jalur Tradisional Kuansing meraih penghargaan ini di sambut dengan antusias tidak hanya oleh Bupati Kuantan Singingi Mursini dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kuansing saja melainkan juga seluruh masyarakat Kuansing bahkan Provinsi Riau. Karena atas keberhasilan ini telah mengharumkan nama Kuansing dan Riau umumnya di Indonesia.

“Apa lagi slogan kita sekarang adalah pacu jalur menyapa dunia,” kata Bupati Kuansing Mursini sebelum menerima penghargaan tersebut Sabtu pagi (25/11) di Jakarta.  

Bupati mengatakan banyak pihak yang telah berjasa atas raihan pacu jalur tradisional Kuansing meraih piala API ini. Selain Pemkab Kuansing yang terus menyosialisasikannya kepada masyarakat di setiap kali kesempatan, IPJKS juga turut andil mendukung memberikan dukungan dengan cara mengajak masyarakat untuk mengirim sms dengan cara ketik API (spasi) 8F kirim ke 99386.

“Saya atas nama Pemkab Kuansing mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah memberikan dukungan sehingga pacu jalur tradisional Kuansing berhasil meraih prosentase polling tertinggi dengan raihan angka mencapai 48,7% sehingga meraih nilai tertinggi dan mengalahkan pesaing-pesaing lainnya dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai festival pariwisata terpopuler di Indonesia.

Sementara itu Sekda Kuansing Muharlius, MM didampingi Kabag Humas dan Protokoler Kuansing, Drs Muradi MSi menambahkan, piala API yang didiraih ini yang dibawa bupati dan rombongan sesampainya di Kuansing akan disambut oleh berbagai elemen masyarakat dan pemangku adat dari perwakilan setiap kecamatan.

Acara penyambutan dimulai dari pintu gerbang Jake kemudian diarak keliling kota Teluk Kuantan dan berakhir di Taman Jalur Teluk Kuantan. Untuk lebih semaraknya acara ini di lokasi taman jalur telah dikondisikan acara hiburan rakyat dan makanan khas Kuansing seperti Konji Barayak. (roder/januardi/hmskominfo)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »