Menuju Pekanbaru Smart city Yang Madani, Kecamatan Sail Wujudkan Pelayanan Berbasis Elektronik

Posted by On Wednesday, October 18, 2017

PEKANBARU - Kecamatan Sail merupakan salah satu dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru dengan luas wilayah sebesar 3.26 km2 yang terbagi atas 3 (tiga) Kkelurahan. Kecamatan yang memiliki lokasi yang sangat strategis ini juga memiliki keunggulan dari beberapa  kecamatan yang ada di Pekanbaru.  

Selain  memiliki sarana pendidikan mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK hingga Perguruan Tinggi, di wilayah ini juga terdapat beberapa sekolah negeri yang telah menjadi sekolah bertaraf internasional. Ada juga terdapat perkantoran pemerintahan.

Kecamatan Sail dengan luas wilayah 3,26 Km² ini terdiri dari 3 Kelurahan yaitu; Sukamulia dengan luas wilayah 1.21 km² dengan jumlah penduduk 9.086 jiwa. Kelurahan Sukamaju dengan luas wilayah 12.9 Km² dengan jumlah penduduk 7.492 Jiwa dan Kelurahan Cinta raja dengan luas wilayah:  0.965 Km² dengan jumlah penduduk 6.624 jiwa.

Adapun  Batas Wilayah Kecamatan Sail adalah : Sebelah Utara berbatas dengan Kecamatan Lima Puluh, Selatan berbatas dengan  Kecamatan Bukit Raya, Timur berbatas dengan Kecamatan Tenayan Raya dan Sebelah Barat berbatas dengan  Kecamatan Pekanbaru Kota.

Kecamatan Sail yang dipimpin Camat muda, Tri Sepna Saputra SSTP MSi ini terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan  MISI: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Aparatur yang berkualitas, bertanggung jawab  serta berjiwa profesionalisme.

Melaksanakan koordinasi di setiap lini terkait dengan penciptaan komunikasi yang efektif diantara aparatur Kecamatan. Meningkatkan kerjasama, loyalitas dan integritas di dalam jiwa setiap Aparatur Kecamatan Sail.  Mengutamakan pelayanan publik sebagai dasar terciptanya pelayanan secara prima kepada masyarakat. Dengan  VISI: Terdepan penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan terbaik dalam pelayanan publik Se-kecamatan Kota Pekanbaru.

Camat Sail, Tri Sepna Saputra SSTP MSi yang acap dipanggil Putra saat  disambangi di ruang kerjanya belum lama ini menyebutkan, Aparatur Negara di Kecamatan Sail berkomitmen bekerja dengan profesional sesuai tupoksi dalam mewujudkan program Pemerintah kota Pekanbaru sesuai Visi misi “Pekanbaru Smart City yang Madani” akan bekerja maksimal dalam upaya  memberikan pelayanan terbaik kepada masyarat, terangnya.

Dikatakan Putra, dalam peningkatan pelayanan publik supaya lebih mudah dan berbasis teknologi informasi, dalam tahun 2017 Kecamatan Sail telah membuat terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi pelayanan  publik online.

"Program aplikasi tersebut sudah online dan bisa didownload pada google playstore handphone android milik masyarakat.  Website ini sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi Seputar Kecamatan Sail Kota Pekanbaru,” kata Putra.

Melalui keberadaan website ini masyarakat dapat mengetahui, segala persyaratan dalam pengurusan legalitas kependudukan,  persyaratan pengurusan admintrasi lainnya, juga seluruh informasi tentang  Kecamatan Sail Kota Pekanbaru.

Jika sebelumnya, masyarakat harus datang ke kantor Kecamatan untuk mengetahui segala persyaratan administrasi, kini tidak perlu repot-repot, kunjungi website “sail.co.id” . "Lengkapi persyaratan administrasi baru datang ke kantor Camat Sail kita akan layani dengan baik", terangnya.

Menurut Putra, warga masyarakat Kecamatan Sail, secara umum bekerja di perkantoran, baik swasta maupun pemerintah, yang tentu tidak memiliki banyak waktu untuk keluar kantor, jika ingin mengurus legalitas kependudukan ataupun usaha lainnya. Maka dengan adanya pelayanan publik sistim elektronik ini sudah barang tentu memudahkan dan menghemat waktu, sebutnya.

Peningkatan pelayanan publik di lingkungan pemerintah kota Pekanbaru merupakan  program prioritas Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST MT, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui perkembangan. Selain Pemerintah Kota Pekanbaru ingin menggiring masyarakat menjadi warga pintar (Smart), juga sudah saatnya masyarakat Kota Pekanbaru  mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari pemerintah," terangnya.

Terkait versi android yang sudah Online, kata Putra, warga Sail ataupun Pekanbaru silahkan mencobanya melalui menu Playstore pada android. "Setelah itu ketik Kecamatan Sail.com  dan bisa langsung di install", ujarnya.

Menurut Camat Sail ini, peluncuran Website kecamatansail.com merupakan program Kecamatan Sail tahun 2017,  program tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam mendukung pelaksanaan UU RI Nomor 14 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dimana Pemerintah Kota Pekanbaru berkewajiban untuk memberikan layanan informasi publik secara terbuka dan efisien kepada publik, sehingga tercipta transparansi, partisipasi dan akuntabilitas.

Lagi kata Putra, seperti kita ketahui bahwa setiap orang berhak berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Dengan adanya sarana melalui saluran internet ini, website Kecamatn Sail Kota Pekanbaru membuat, menyiapkan dan mengembangkan sistim penyediaan layanan informasi publik yang diterima dan diakses dengan cepat, tepat waktu, biaya ringan dan dengan cara sederhana oleh badan publik dan masyarakat yang membutuhkan berbagai macam informasi publik.

Dia berharap, dengan keberadaan website ini akan sangat membantu bagi lancarnya distribusi informasi dan layanan informasi publik kepada masyarakat, terutama sekali penyediaan dan pemberian akses informasi oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Kecamatan Sail secara terbuka dan efisien kepada publik, sehingga tercipta transparansi, partisipasi dan akuntabilit. "Semoga usaha yang kita lakukan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembangunan Kota Pekanbaru dalam mewujudkan  Pekanbaru Smart City yang Madani," sebutnya.

Ditanya terkait disiplin aparatur atau pegawai di lingkungan Kantor Camat Sail, ditegaskan Tri Sepna Saputra SSTP MSi, kunci utama untuk mencapai keberhasilan adalah disiplin. Karena sehebat apapun program yang dicetuskan, tanpa dibarengi dengan disiplin akan sia-sia, terangnya.

Untuk itu, seluruh aparatur di Kantor Camat Sial, telah berkomitmen untuk bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung  jawab sesuai dengan tugas dan fungsi (Tupoksi) dalam mensukseskan program pemerintah kota Pekanbaru untuk mewujudkan cita-cita kita bersama, Yakni “Pekanbaru Smart City yang Madani,” tutupnya. (adv/rls/kominfo)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »