Hearing Seputar Pilkades Di Komisi I, Kadis PMD Absen

Posted by On Wednesday, August 09, 2017


Tembilahan, (puterariau.com)

Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Inhil memicu persoalan dan sampai sekarang masih belum kunjung terselesaikan. Persoalan dimaksud terkait dua laporan saat proses seleksi calon kades beberapa waktu lalu dilakukan.

Dua laporan tersebut datang dari Desa Pancur, Kecamatan Keritang dan Desa Pelanduk di Kecamatan Mandah. 

Untuk Desa Pancur, salah satu calon Kades tidak terima dengan keputusan tim seleksi yang menolak pendaftarannya. Alasan penolakan adalah waktu pendaftaran dianggap sudah habis. Sementara itu, untuk laporan di Desa Pelanduk, tim seleksi menggugurkan salah seorang calon kades.

kedua laporan tersebut bahkan sudah masuk ke Komisi I DPRD Inhil dan minta untuk dicarikan solusinya. Untuk itu, Komisi I telah menjadwalkan pelaksanaan rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing dengan pihak terkait, Selasa (8/8/2017) malam.

Namun hasilnya, rapat yang sudah terjadwal batal dilaksanakan. Karena Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) tidak bisa hadir dalam rapat tersebut dengan alasan sakit.

"Ini keluhan yang kami terima dari salah satu pihak. Karena itu, kami rencanakan untuk memanggil kembali pihak terkait dan kembali menggelar rapat untuk mengetahui bagaimana fakta di lapangan," ujar Ketua Komisi I DPRD HM Yusuf Said kepada wartawan, Rabu (9/8/2017) di Tembilahan.


Diketahui, dengan mengetahui fakta yang terjadi akan mudah menemukan titik terang dalam mencari solusinya. "Jika memang kesalahan terjadi dari panitia, itu harus diakui dan dicarikan solusinya. Begitu juga bila kesalahan terjadi dari calon kades, harus diterima dengan legowo," tukasnya. (beni/adv)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »