Untuk Penerangan Jalan Yang Hemat Energi, Pemkab Tanjung Jabung Barat Gunakan Lampu LED

Posted by On Sunday, July 16, 2017


Kuala Tungkal, (puterariau.com)

Pemkab Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi berencana akan mengganti lampu penerangan sejumlah ruas jalan umum di Ibukota Kabupaten dengan lampu Light Emitting Diode (LED) berbasis smart system yang sudah mencapai 97 persen di wilayah Kota dan Propinsi.

"Jenis lampu ini lebih hemat energi listrik antara 40-50 persen, sehingga diharapkan dapat menghemat anggaran," ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Neti Martini pada Putera Riau. Oleh sebab itu, ujar Neti, pihaknya akan melakukan pengganggaran untuk lampu penerangan jalan umum yang ada sepanjang Jalan Jalur Dua Tungkal Ilir tersebut.

Dikatakannya, lampu hemat energi itu dipasang di Jalan Protokol Prof Dr Soedewi hingga jalan lingkungan yang berada di Kota Kuala Tungkal. Daya listrik lampu LED yang akan dipasang disesuaikan dengan klasifikasi jalan dan untuk memonitor kondisi lampu secara real time, lampu yang bermasalah dapat segera terdeteksi, sehingga mempercepat penanganan oleh petugas, katanya.

Di Jalan lingkungan (Pemda), lampu LED yang digunakan maksimal 25 watt, sementara di Jalan Protokol Jalur Dua bisa mencapai 200 watt. 

Rencananya penggantian lampu tersebut dilaksanakan pada tahun ini. Lampu LED, selain dapat menghemat energi, juga memiliki masa waktu (life Time) lebih panjang dari lampu biasa atau diklaim tahan selama 50 ribu jam atau 12 tahun dengan mengganti lampu hemat energi. "Hasilnya dari sisi kuantitas memang dapat menghemat energi. Dengan diganti lampu baru, diharapkan dapat memberikan penerangan jalan bagi pengguna jalan khususnya pada malam hari. Selain itu juga dapat menghindari kecelakaan berlalu lintas," katanya. (Yudi/Tonang)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »