Sanksi Tegas Bagi Rumah Dan Kantor Yang Tak Pasang Bendera Pada HUT RI Ke-72 Di Meranti

Posted by On Friday, July 28, 2017


Selat Panjang, (puterariau.com)

Sempena HUT RI ke-72 di Kepulauan Meranti, seluruh rumah dan kantor diwajibkan mengibarkan bendera merah putih. Bagi yang tidak mengibarkan bendera merah putih akan dilakukan pembinaan oleh TNI dan Polres. 

Hal ini tentunya dilakukan menindaklanjuti surat edaran dari Kemendagri yang diteruskan ke seluruh instansi Pemerintah se-Indonesia.

"Saya minta pada Danramil, jajaran Polres dan Kecamatan untuk melakukan pengawasan, jika ditemukan kantor dan rumah yang tidak mengibarkan bendera berikan sanksi dan pembinaan," ujar Wakil Bupati H. Said Hasyim dalam Rakor Persiapan HUT RI Ke-72 Tahun 2017, di Aula Kantor Bupati, Jumat (28/072017).

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, Wakapolres Meranti Kompol Wawan, Pabung Dandim 0303, Mayor Bismi Tambunan, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, Asisten Sekda, Kepala Dinas/Badan/Bagian Se-Sekretariat Daerah Meranti.

Wacana ini muncul sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimana warga terkesan cuek dan masih enggan mengibarkan bendera. Untuk itu Pemda dan aparat TNI serta Kepolisian berkewajiban melakukan pembinaan. 

"Saya kira tidak ada alasan bagi warga negara Indonesia untuk tidak mengibarkan bendera. Ini momen sekali setahun dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI," ucap Wakil Bupati.

Dalam menyemarakkan HUT RI Ke-72, seluruh instansi terutama Pemda sendiri akan menggelar permainan rakyat mulai pacu goni, tarik tambang, panjat pinang dan lainnya.

Dan yang tak kalah penting juga akan digelar aneka kesenian rakyat, seperti tarian, atraksi barongsai, reok dan lainnya.

"Kita ingin Sempena HUT RI Ke-72 benar-benar memberikan suasana kegembiraan dan dapat menumbuhkan semangat juang dan kecintaan semua lapisan masyarakat terhadap NKRI," tambah Wakil Bupati.

Selain itu juga dihimbau kepada kantor pemerintah untuk melakukan upacara bendera detik-detik proklamasi yang dilanjutkan dengan menggelar berbagai kegiatan yang dapat menyemarakkan HUT RI Ke-72 sehingga kesan hari kemerdekaan Indonesia ini benar-benar terasa hingga ke pelosok negeri.

Seperti rencana lomba yang akan digelar oleh pihak Kecamatan Tebing Tinggi yang akan memberikan penilaian hiasan ornamen pada kantor-kantor yang ada di wilayahnya, bagi kantor dan instansi yang terpilih sebagai pemenang akan diberikan sertifikat dan hadiah menarik.

"Sempena HUT RI Ke-72, kami dari Kecamatan Tebing Tinggi akan melakukan penilaian hiasan ornamen HUT RI di kantor-kantor dalam wilayah Tebing Tinggi, kegiatan ini untuk memberikan kesan indah dan bagus semoga dapat semakin meningkatkan semangat juang kita membangun negeri khususnya kepulauan Meranti," jelas Camat Tebing Tinggi, Rizki Hidayat. (agus/hms)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »