Pagi Ini Debu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Selimuti Wilayah Kota Medan

Posted by On Saturday, July 29, 2017


Medan, (puterariau.com)

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara membuat sebagian wilayah di Kota Medan diselimuti debu vulkanik. Kondisi itu terlihat jelas dari pantauan Putera Riau, Sabtu pagi (29/7/2017).

Debu vulkanik banyak menempel di kendaraan bermotor, rumah, tanaman milik warga dan lain sebagainya. 

Teguh, warga Jalan Samura Gang Madu  di Karo mengungkapkan bahwa saat hendak mengendarai sepeda motornya, dia melihat debu vulkanik menempel di kendaraan bermotornya tersebut.

"Waktu saya mau ambil sepeda motor di parkiran, terlihat kok banyak kali abu vulkanik. Setelah lihat secara detail, ternyata debu vulkanik," tutur pria berusia (29) tahun itu kepada Putera Riau.

Ia mengatakan bahwa sudah dua bulan tidak hujan, sehingga abu vulkanik masih terus menempel. Peristiwa alam itu     membuat pernapasan agak terganggu.

"Jadi agak sulit melihat dan bernapas. Karena abu terus turun. Kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara," tutur teguh.

Pengamat Gunung Api Sinabung, Armen Putra yang akrab disapa Paiman membenarkan abu vulkanik di Medan. Kondisi itu karena terjadi erupsi di Gunung Sinabung kemarin siang, sekitar pukul 12.07 WIB dengan ketinggian abu kolom vulkanik ribuan meter.

"Disini anginnya kencang. Jadi material abu itu terbawa sampai ke Medan," kata Paiman saat dikonfirmasi.

Untuk menjaga kesehatan dan tidak terkena abu vulkanik dari gunung api itu, Armen menghimbau masyarakat di Medan untuk menggunakan masker saat mengendarai kendaraan bermotor dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Upaya itu untuk meminimalisasi dampak abu vulkanik terhadap kesehatan.
"Saat ini kondisi di puncak Gunung Sinabung masih tertutup kabut. Angin juga masih berembus kencang di daerah Kabupaten Karo," katanya. (rega)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »