Masyarakat Lahewa Bersyukur, Proyek Pembukaan Badan Jalan Terus Digesa

Posted by On Wednesday, July 26, 2017


Lahewa, (puterariau.com)

Pembangunan badan jalan yang sedang dikerjakan PT. Era Bina Karya, dimana titik pembukaan dari Dusun VIII Lafau menuju desa Faodoro Hilimbowo yang dilintasi beberapa desa salah satunya desa Sihene'asi, Sifaoro'asi, dan Desa Ono Zalukhu Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara.

Pembangunan ini bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) TA 2017 dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Utara sebesar Rp.7 miliar dengan nilai kontrak Rp. 6.910.000.000.

Berdasarkan pantauan Putera Riau di lapangan pada Selasa lalu (25/07/2017), dimana pembangunan itu ada beberapa item kegiatan fisik yang telah terlaksana. Pertama pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 5  kilo meter dan sekaligus pengerasan serta parit gendong kanan-kiri dan beberapa pekerjaan lainnya, seperti penimbunan badan jalan dengan tinggi 6 meter dari tanah.

Menganalisis sebuah anggaran atau pagu anggaran sebesar itu, yang sudah tertera di sebuah pamflet atau merek papan proyek pada setiap item pekerjaan yang sedang berlangsung dikerjakan oleh rekanan, maka nilai pagu anggaran tersebut tidak 100% (7 miliar) sampai ke tangan rekanan, dikarenakan PPN dan PPH yang mau tidak mau dikembalikan kepada kas negara sebesar 11,5% dari nilai anggaran tersebut.

Beberapa elemen masyarakat mengucapkan terima kasihnya atas pembangunan itu, sehingga mereka tidak merasa jauh lagi untuk melintasi jalan menuju pasar.

"Kami sangat bersyukur atas kepemimpinan di Nias Utara ini, dimana mereka telah turut memperhatikan kemiskinan kami dalam bidang infrastruktur. Selama ini kami berkejauhan untuk melintasi jalan menuju pasar inilah, kami tidak bisa membalas kebaikan Pemerintah. Biar tuhan di syurga yang membalas kepada mereka masing masing," ungkap masyarakat setempat.

Mereka juga berharap kepada Pemerintah baik dari daerah maupun dari pusat agar pembangunan di wilayah Kecamatan Lahewa ini tidak sebatas itu, perlu dapat berkelanjutan hingga tahun berikutnya.

"Apalagi dalam pembangunan pembukaan badan jalan yang anggaran 7 miliaran ini supaya tidak disia-siakan kedepan dan dapat berkelanjutan dari tahap ke tahap," pinta masyarakat.

Menurut Bedali Lase SPD.K, ia selalu mendukung pembangunan ini dimana pembukaan jalan dari Desa Sihene'asi menuju Desa Fadoro Hilimbowo merupakan aspirasi masyarakat ketika anggota DPRD Dapil IV ini turun. Ia yang juga sebagai Ketua DPC Partai HANURA pada pelaksanaan Reses di Desa Fadoro Hilimbowo beberapa waktu lalu telah berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat tersebut, sehingga aspirasi masyarakat itu terwujud.

Ia menambahkan sangat apresiasi terhadap hal seperti ini, dimana infrastruktur yang dibangun ini melintasi beberapa desa mulai dari Desa Sifaoro'asi, Sihene'asi Ono Zalukhu, dan Desa Fadoro Hilimbowo. "

"Harapan kita bersama kepada Pemerintah supaya tidak lepas tangan untuk terus mendukung pembangunan ini, karena pembangunan ini adalah awal dari perubahan demi mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. (Meifermanto Gea)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »