Komisi I DPRD Soroti Pemekaran Insel Yang Terganjal Moratorium

Posted by On Thursday, July 13, 2017


Tembilahan, (puterariau.com)

Pemkab Inhil selama ini telah memenuhi kelengkapan administrasi untuk pemekaran Kabupaten Insel. Semua sudah disiapkan sejak beberapa waktu lalu dan pembahasan terkait pemekaran tersebut juga sudah dilakukan jauh hari.

"Pembahasan sudah lama selesai. Segala kajian yang berkaitan dengan pemekaran juga sudah dilakukan. Sekarang pemekaran Kabupaten Insel hanya menunggu pencabutan moratorium dari pusat," kata Ketua Komisi I DPRD Inhil Yusuf Said.

Komisi I DPRD Inhil saat ini senantiasa mendukung langkah strategis yang ditempuh Pemkab Inhil dalam upaya pemekaran Kabupaten Inhil menjelang pencabutan moratorium dari Pusat. 

"Kami siap mendukung Pemkab Inhil bila memang ada langkah strategis yang harus ditempuh, terkait pemekaran Insel. Namun demikian, kita tetap akan mematuhi kebijakan dari pusat. Artinya, memang harus bersabar menunggu kebijakan selanjutnya," ujar Yusuf.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seperti sebelumnya menyatakan, ada 3 hal yang dimoratorium pemerintah pusat tahun ini, salah satunya terkait masalah pemekaran daerah.

Menurut Tjahjo, moratorium pemekaran daerah dilakukan dengan alasan ketidakmampuan APBN dalam mengakomodir anggaran pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru. (Beni/adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »