Kabupaten Tanjab Barat Raih Peringkat Kedua Se-Propinsi Jambi Untuk Kategori Penduduk Miskin

Posted by On Thursday, July 20, 2017


Kuala Tungkal, (puterariau.com)

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dari tahun 2015 hingga 2017 cenderung melambat. Bahkan, Kabupaten Tanjabbar meraih peringkat dua dengan kategori jumlah penduduk termiskin se-Propinsi Jambi. 

"Hanya naik 6 sampai 7 persen saja," ujar Kepala BPS Kabupaten Tanjab Barat,  Edy Akson pada Putera Riau. 

Dijelaskan Edi, pertumbuhan ekonomi di wilayah Kuala Tungkal, Tanjab Barat, setiap tahunnya memang mengalami peningkatan. Namun, naiknya pertumbuhan ekonomi tidak terlalu tinggi, hanya naik 6-7 persen saja setiap tahunnya untuk pertumbuhan tahun 2015-2016.

"Memang tercatat meningkat, namun cenderung melambat," katanya. 

Lambatnya proses pertumbuhan ekonomi, dikarenakan beberapa faktor yang diantaranya adalah faktor alam dan faktor turunnya produksi migas untuk wilayah Tanjung Jabung Barat.

Edi Akson juga menerangkan bahwa dari sektor pertanian juga menjadi salah faktor penyebab melambatnya laju pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

Katanya,  berbagai sektor tersebut harus digenjot untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pesisir tersebut. Sejauh ini angka kemiskinan di Tanjab Barat masih tergolong tinggi. Bahkan menduduki rangking dua se-Propinsi Jambi, setelah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (bekas daerah Zumi Zola menjadi Bupati-red). (yudi/tonang)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »