Imigrasi Batam Gelar Sosialisasi Marine Transport Monitoring System

Posted by On Thursday, July 13, 2017


Batam, (puterariau.com)

Imigrasi Batam Center kelas 1 melakukan sosialisasi tentang marine transport monitoring system. Mereka memberikan rilisan sosialisasi dan soft launching tentang marine transport monitoring system pada seluruh stake holder terkait.

Sebagaimana diketahui, sistem ini tentang pengawasan lalu lintas alat angkut laut yang berbabis elektronik E-Clearance, di Gedung Imigrasi  Batam, Rabu kemarin (12/07/2017).

Acara tersebut dipimpin langsung  oleh Kepala Imigrasi kelas 1 Kota Batam, Teguh Prayetno SH, didampingi Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk (Kabiddarinsuk) Imigrasi Kelas I Batam serta peserta sosialisasi dari perwakilan perusahaan/agen pelayaran yang ada di Kota Batam.

Teguh menerangkan bahwa E-Clearance merupakan suatu inovasi yang dibentuk dalam membantu kinerja petugas imigrasi dalam pengawasan kapal-kapal. "Dapat bersinergi dan memudahkan bagi perusahaan/agen pelayaran dalam pelayanan pengurusan pendataan kapal," ujar Teguh Prayetno SH.

Selama ini pendataan dilakukan secara manual, dimana perusahaan/agen pelayaran datang dan melapor ke petugas imigrasi. Dengan adanya aplikasi E-Clearance ini, maka semua yang dilakukan secara manual dapat dilakukan dengan cara elektronik/online.

“Dengan dibentuknya inovasi pelayanan E-Clearance ini, kapal-kapal yang masuk ke wilayah perairan Indonesia khususnya wilayah perairan Batam dapat dipantau langsung dari satelit oleh petugas imigrasi, dan di layar tampak mana kapal-kapal yang sudah/belum melakukan E-Clearance," katanya.

Antusias agen dan perusahaan pelayaran dalam acara sosialisi tersebut sangat tinggi. Misalnua yang terdata sekitar 80 peserta hadir. "Ini tahap awal, kami mengadakan sosialisasi dan registrasi oleh perusahaan/agen pelayaran. Selanjutnya akan melakukan masa uji coba," ungkap Parlindungan, Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk (Kabiddarinsuk) Imigrasi Batam. (Rega)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »