DPRD Kota Batam Bahas Ranperda Produk Halal Bersama Pemerintah

Posted by On Wednesday, July 12, 2017


Batam Kota, (puterariau.com) -----I-----

DPRD Kota Batam sedang membuat  rancangan Peraturan Daerah Kota Batam tentang pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis. 

Dijelaskan bahwa Pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk barang yang belum terjamin kehalalannya. Maka perlu upaya pembinaan dan pengawasan terhadap produk tersebut.

"Oleh karena itu sangat perlu melakukan hearing untuk membahasnya," kata Buya Safari Ramadhan SPi, dari Komisi IV Fraksi PAN DPRD Kota Batam pada (11/7/2017) lalu.

Dalam hal ini, beberapa tokoh agama serta instansi terkait seperti Asman SPd MM juga memperkenalkan anggota Pansus lainnya seperti (Safari Ramadhan), Suardi Tahirek, Ganda Tiur Maritje S, SH, H. Joko Mulyono SH MH, Mukriyadi SSos, dan dr. Idawati Nursanti MM.  

Seusai memperkenalkan mereka, Ketua Pansus melanjutkan pembicaraannya terkait permasalahan yang dibahas. Dimana dalam draft tentang ranperda produk halal yang disyahkan mesti berkekuatan hukum dalam pengawasannya karena mengandung XVII Bab 55 Pasal terdiri dari pembinaan, pengawasan dan penyidikan serta sanksinya.

Ikut hadir dalam kesempatan hearing itu, Direktur LPPOM MUI Kepri, Khairuddin Nasution Bac SE yang menyambut baik pada pemerintah dan Pansus ranperda Kota batam yang nantinya akan mensyahkan dan menerapkannya.

Sekedar informasi bahwa di Kepri saat ini sudah ribuan perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat halal registed, baik catering dan rumah makan maupun restoran dan hotel dalam kepeduliannya mengenai hal ini.

"Antusias masyarakat cukup baik  namun namun dalam pengawasan dan pembinaan kami sangat mengakui masih kurang, karena keterbatasan lembaga terkendala personel yang terbatas," katanya. (Rega)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »