Setelah Mengganti Sekdako, Firdaus Maju Ke Riau Satu ?

Posted by On Monday, June 12, 2017


Pekanbaru, (puterariau.com)-----

Kursi panas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru mulai diincar oleh berbagai kalangan ASN di Kota Pekanbaru. Pasalnya, jabatan itu sangat empuk dan strategis mengingat sebagai pejabat administratif tertinggi di lingkungan Pemko.

Kabarnya ada beberapa kandidat yang siap maju apabila asesment Sekdako dibuka enam bulan ke depan. Artinya, posisi Sekdako Mhd Noer mulai terancam saat ini.

Kabar semakin kuat ketika adanya guyonan beberapa pegawai yang mengarah ke beberapa nama calon pengganti Sekdako Pekanbaru yang merupakan pejabat senior. Apalagi bagi mereka memiliki kedekatan lebih kepada Walikota Pekanbaru. Hal itu lumrah karena politik saat ini memang cenderung memilih kedekatan semata.

Menanggapi kabar tersebut, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mulai angkat bicara. Menurutnya desas-desus pergantian Sekdako itu hanya pandai-pandai insan pers yang mengemas isu. Apalagi, di zaman ini, kalau ada wartawan yang tak pandai, berarti bukan wartawan. Tentunya kabar itu bisa benar bisa juga salah.

"Tak benar kalau Pak M Noer bakal diganti,” kata Firdaus di sela-sela acara penerimaan WTP di Gedung BPK RI Perwakilan Riau, Senin (12/6). 

Dikatakan Firdaus, jika mengacu pada undang-undang, memang Kepala Daerah yang baru dilantik baru diperbolehkan melakukan pergantian Pejabat Tinggi Pratama (PTP) setelah enam bulan.

"Jadi begini. Menurut Undang-undang Kepala Daerah baru selama enam bulan tidak boleh mengganti Pejabat Tinggi Pratama (PTP). Artinya baru akan dilakukan pergantian di tahun 2018," sebutnya.

Mengenai sinyal apakah selama enam bulan kedepan akan ada pergantian posisi jabatan di OPD-OPD Pemko Pekanbaru, ia belum bisa memastikan. Namun, kalau ia (Firdaus) menyeberang menjadi calon Gubernur Riau, tentunya fakta akan berbicara lain.

Meskipun terkesan bercanda, wartawan indigo tentu akan menangkap sinyal bahwa ocu Firdaus bisa saja mencalon ke Riau Satu. Apalagi peluang ia makin besar dan tinggi, mengingat posisinya sebagai Wako yang sudah sangat populer.

Namun ocu Fidau sendiri tidak ingin mengomentari terkait isu mengenai dirinya akan maju dalam Pilgub Riau 2018. "Itu masih rahasia Ilahi, jikalau ia tentu seluruh timses dan lini se-Riau siap memenangkan beliau," ujar Sap, salah satu ring dua Firdaus. (Fadil/adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »