Sekdakab Inhil, H. Said Syarifuddin : 'Alhamdulillah, Kita Berkumpul Dalam Kegembiraan Idul Fitri'

Posted by On Monday, June 26, 2017


Tembilahan, (puterariau.com) ----

Sekdakab Inhil, H. Said Syarifuddin membacakan sambutan Bupati Inhil pada hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H atau 25 Juni 2017 kemarin. Berikut petikan isi sambutan yang dibacakan Sekdakab Inhil ;

"Alhamdulillah pada hari ini 1 syawal 1438 Hijriyah, kita semua dapat melangkahkan kaki dan berhimpun di tempat ini dalam rangka melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan suasana yang penuh kegembiraan, kebersamaan dan Ukhuwah Islamiyah.

Hari Raya Idul Fitri yang kini telah tiba dan sangat membahagiakan ini hendaknya bisa kita maknai dan jadikan sebagai momentum untuk membersihkan hati dari rasa benci dan dendam, saling maaf-memaafkan, menyambung, menjalin dan memperkokoh tali silaturahmi, serta menebarkan kasih sayang dan rasa persaudaraan terhadap sesama muslim.

Disamping itu, berbagai hikmah dan pelajaran, serta amal ibadah yang ditingkatkan selama bulan suci Ramadhan yang lalu hendaknya dapat terus dipertahankan hingga masa yang akan datang.
(Sekdakab Inhil, H. Said Syarifuddin saat membacakan sambutan Bupati)

Sebagai ungkapan syukur atas karunia Allah SWT untuk daerah ini, khususnya bumi yang subur, yang diatasnya terhampar perkebunan kelapa yang begitu luas, maka patutlah kiranya pada Hari Raya Idul Fitri tahun 1438 H/2017 M ini kita mengangkat tema ”Ketupat lebaran keberkahan negeri hamparan kelapa dunia” dengan harapan semoga daerah yang juga dikenal dengan julukan negeri seribu parit ini senantiasa diberkahi dan dirahmati oleh Allah SWT.

Alhamdulillah, pada tanggal 14 juni 2017 atau bertepatan dengan 19 Ramadhan 1438 Hijriyah yang lalu, Kabupaten Indragiri Hilir yang kita cintai ini telah genap berusia 52 tahun.

Berbagai upaya untuk menuntaskan permasalahan pembangunan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir bersama seluruh komponen masyarakat khususnya dalam 3 tahun terakhir.

Beberapa capaian yang dapat disampaikan pada kesempatan ini, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT adalah sebagai berikut:

Pelaksanaan program DMIJ yang telah mampu membangun jalan sepanjang 331,25 km dan jembatan sebanyak 261 unit serta fasilitas umum lainnya seperti kantor desa, balai desa, pos keamanan terpadu, pasar dan lainnya sehingga ibukota Kecamatan dan desa menjadi lebih tertata dan indah.

Selain itu, melalui program DMIJ juga mampu menghidupkan lembaga Paud sebanyak 465 unit, Posyandu sebanyak 580 unit sehingga mampu melayani anak usia 3-6 tahun sebanyak 46.699 orang atau 91,04 persen. Disamping itu, upaya pengentasan buta aksara Al-qur’an dan peningkatan rasa cinta kepada kitab suci Al-qur’an semakin tumbuh subur di Musholla, Surau dan Masjid melalui program masyarakat maghrib mengaji.


Guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui APBD tahun 2014-2016 telah membangun atau merehab sarana prasarana sekolah SD/MI dan SMP/MTS sebanyak 1400 unit sekolah. Sedangkan, di sektor kesehatan telah dibangun sarana prasarana kesehatan yaitu revitalisasi Puskesmas menjadi rawat inap sebanyak 21 unit, Puskesmas poned 4 unit, dan Puskesmas pembantu 171 unit.

Untuk mengatasi kerusakan kebun kelapa rakyat, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir  telah membangun tanggul mekanik sepanjang 986,68 km dan tanggul manual sepanjang 324,4 km serta beberapa kegiatan pendukung  lainnya termasuk pengadaan exkavator sebanyak 16 unit yang saat ini dikelola oleh Kecamatan untuk percepatan penyelesaian masalah perkebunan kelapa rakyat.
selanjutnya untuk meningkatkan mobilitas masyarakat telah dibangun dermaga desa sebanyak 116 unit.

Berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tersebut telah diapresiasi oleh lembaga Pemerintah dan non Pemerintah baik pusat maupun Provinsi dengan diperolehnya beberapa penghargaan pada tahun 2017 ini, yakni sebagai berikut :

Memperoleh penghargaan dari Kapolri atas pembangunan rumah kantor atau pos keamanan terpadu bhabinkamtibmas pada 3 Maret 2017 di Pekanbaru.

Menerima anugerah pangripta nusantara (apn) peringkat terbaik ke-2 tingkat Kabupaten dan kota se-Provinsi Riau dari Gubernur Riau dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2017, pada 21 maret 2017 di Pekanbaru.
mendapatkan penghargaan dari serikat perusahaan pers (sps) cabang Riau untuk kategori advertising relationship pada 26 maret 2017 di Pekanbaru.

Menerima award dari koran harian Pekanbaru MX terkait penyelamatan perkebunan kelapa rakyat, pada 3 april 2017 di Pekanbaru.
Meraih predikat terbaik I tingkat Provinsi Riau, untuk kelulusan ujian nasional tingkat SMP tahun 2017.

Memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (wtp) dari Badan Pemeriksa Keuangan (bpk) perwakilan provinsi riau untuk laporan keuangan tahun 2016 pada 12 juni 2017 di pekanbaru. penghargaan wtp ini merupakan penghargaan tertinggi dalam pengelolaan laporan keuangan di lembaga pemerintahan. Semoga bisa menjadi perhatian kita bersama.

Akhirnya saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mengucapkan ”Selamat hari raya idul fitri 1438 Hijriyah, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin”. Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang senantiasa merahmati, meridhoi dan menerima amal ibadah kita semua. Aamiin ya robbal ’alamin. (Adv)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »