Profesional Dan Tegas, Bupati Nias Utara Diminta 'Bijak' Memilih Kadis PU

Posted by On Tuesday, June 20, 2017

(Yulius Zai)

Nias Utara, (puterariau.com) ----

Yulius Zai ST yang selama ini menjadi Plt Kadis PU Nias Utara dinilai sejumlah elemen masyarakat masih belum layak memimpin Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Utara. Ia disebut harus banyak belajar dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kecil.

Yason Harefa sebagai Ketua DPC LPP Tipikor RI Kabupaten Nias Utara kepada Putera Riau di Lotu pada (19/06/2017) mengatakan bahwa Yulius Zai masih belum bisa memimpin OPD sebesar PU. Disebutkan, kenapa sejak diangkat menjadi Plt. Kadis PU oleh Bupati Nias Utara Tahun 2016 lalu, Dinas PU belum menunjukkan hasil yang maksimal dalam mendukung visi-misi Bupati Nias Utara dengan semboyan perubahan.

Lanjut Yason memberi contoh, anggaran Dinas PU kabupaten Nias Utara tahun 2016 dari Rp. 199 Miliar hanya terserap Rp.162 Miliar dan sejumlah pekerjaan fisik terpaksa dilakukan pemutusan kontrak karena tidak sempat terselesaikan akibat lambannya kepemimpinan Yulius Zai.

Selain itu, sejumlah bangunan Pemerintah yang sudah menelan biaya hingga miliaran rupiah terbengkalai dan sudah menjadi rumah hantu. Misalnya saja kantor Bupati Nias Utara yang ada di Desa Fadoro Fulolo, kantor Dinas PU yang ada di Desa Baho, pembanguan sarana air bersih berbasis masyarakat pun dinilai sebagai ajang korupsi. 

Kemudian, sejumlah pembangunan jalan tahun 2016 yang dikerjakan asal-asalan, belum setahun sudah pada rusak semuanya. "Ini akibat Plt Kadis PU Yulius Zai yang belum bisa menjadi pimpinan OPD/SKPD Sebesar Dinas PU," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan kepada Bupati Nias Utara dalam menempatkan jabatan pimpinan tinggi Pratama di Nias Utara seperti Dinas PU harus orang yang benar-benar bekerja dan tegas, tidak loyo serta berani mengambil kebijakan yang tepat demi kemajuan kabupaten Nias Utara, tegas Yason Harefa.

Lelang jabatan JPT Pratama di Nias Utara tahun 2017, Yulius Zai Memilih 3 JPTP yang salah satunya adalah Jabatan Pimpinan Tinggi  Pratama Dinas Pekerjan Umum Kabupaten Nias Utara. 

"Apabila beliau ini menjadi Kadis  maka awal dari kemunduran pembangunan di Kabupaten Nias Utara, jadi kita harapkan pimpinan daerah harus jeli dan bijak menentukan sikap dalam memilih Kepala Dinas PU, dan yang terpenting harus orang tegas dan profesional," sebutnya. (Meifermanto Gea).


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »