Menuju Pengelolaan Yang Update Dan Profesional, Komisi IV DPRD Inhil Kunker Ke Perpusnas RI

Posted by On Monday, June 12, 2017


Jakarta, (puterariau.com)---

Untuk melakukan perbandingan terhadap manajemen pengelolaan perpustakaan yang profesional, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Jumat (09/06/2017) di daerah Salemba, Jakarta.

Kunjungan itu dipimpin oleh Ketua Komisi IV, Sumardi SAg, Wakil Ketua Komisi Andi Rusli, Sekretaris Komisi Herwanissitas, para anggota Komisi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Inhil, Hafitsah SH MH.

Kunker wakil rakyat dari Negeri Seribu Parit ini disambut langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muh Syarif Bando.

Perpusnas  adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil, Herwanissitas mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka studi komparatif bagaimana manajemen pegelolaan perpustakaan sesuai dengan standar, termasuk fasilitas dan ketersediaan buku.

Dikatakan Sitas bahwa saat ini kondisi perpustakaan di Kabupaten Inhil masih sangat meprihatinkan. Oleh karena itu perlu rujukan agar lebih baik lagi pengelolaanya di masa mendatang.

“Unit Layanan Perpustakaan yang ada di Kecamatan-Kecamatan masih sangat minim fasilitas, itu menjadi salah satu perhatian serius kita,” ujar Sitas.

Selain manajemen dan fasilitas, di era teknologi digital saat ini perpustakaan yang ada di Kabupaten Inhil secara bertahap juga harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman. Artinya harus update dengan kondisi kekinian yang serba canggih dan modern.

“Sekarang trendnya online, semua urusan dan kebutuhan orang by online, jadi perpustakaan kita juga harus bisa diakses secara online dalam bentuk e-book, inilah salah satu tujuan kedatangan kita ke Perpusnas ini,” katanya.
(beni/adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »