Lolosnya Berkas Seleksi JPT Fonaha Zega Dinilai Cacat Hukum

Posted by On Wednesday, June 28, 2017


Nias Utara, (puterariau.com) -----

Panitia seleksi administrasi jabatan pimpinan tinggi (JPT) di lingkup Kabupaten Nias Utara yang meloloskan mantan narapidana korupsi menjadi perbincangan hangat saat ini. Baik  di kalangan masyarakat, aktifis LSM maupun pers sedang hangat-hangatnya membicarakan hal itu.

Hal ini diungkapkan oleh Agus Hulu selaku Ketua Umum LSM Tim Pemantau Pemberantasan Korupsi Kabupaten Nias Utara pada Putera Riau ketika memberikan tanggapannya di Gunung Sitoli perihal lolosnya berkas mantan narapidana Fonaha Zega pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara beberapa waktu lalu.

Agus Hulu menilai bahwa proses penyeleksian berkas seleksi JPT di Kabupaten Nias Utara itu cacat hukum. Salah satu contoh menurut Agus adalah misalnya Fonaha Zega yang mana memiliki track record buruk, pernah dipenjara karena korupsi pada masa menjabat sebagai Dinas Pendidikan.

"Kalau kita berpedoman pada Peraturan Pemerintah No.53 Tahun 2010 seharusnya beliau sudah dipecat, tapi sangat ironis sekali bila saudara Fonaha Zega justru diposisikan pada jabatan strategis di Kabupaten Nias Utara," kata Agus.

Ia menyebut bahwa tindakan tersebut melawan aturan sehingga memaksakan orang yang bertrack record buruk kembali menjabat. "Janganlah terlalu memaksakan kehendak, cukup sudah masyarakat tidak marah ketika anda diposisikan pada Plt. Kadis Sosial," ujarnya.

Memang harus diakui bahwa Fonaha Zega merupakan sosok figur yang tegas, tapi untuk apa hanya tegas kalau integritas dan moralitasnya merosot. "Kan sama saja bohong," katanya.

Ia mengharapkan agar yang menjadi pemimpin tinggi di lingkup Kabupaten Nias Utara nantinya adalah putera daerah Nias Utara, cakap dalam bekerja, tidak cacat hukum, bukan para koruptor, dan bukan orang yang sudah mengalami kemunduran dari hikmat kebijaksanaan. "Ini aspirasi kami dari masyarakat Nias Utara," tegasnya. (Pr/mg)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »