Jika Mudik dan Libur Lebaran di Kuansing, Jangan Lewatkan Objek Wisata Yang 'Super Wah' Ini

Posted by On Tuesday, June 27, 2017


Taluk Kuantan, (puterariau.com)

Selain ajang silaturahmi dan saling memaafkan usai berpuasa selama sebulan, lebaran juga identik dengan liburan ke objek-objek wisata. Bagi yang mudik dan libur lebaran di Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau, ini ada referensi sejumlah objek wisata yang perlu  dikunjungi.

Air terjun Guruh Gemurai. Inilah objek wisata alam andalan Kuansing. Objek wisata ini sudah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang sangat memadai. Jalan masuk yang beraspal, areal parkir dan fasilitas umum lainnya. 

Air terjun Guruh Gemurai berada 30 kilo meter dari kota Teluk Kuantan arah ke Kiliran Jao Sumatera Barat di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik. Terletak dalam kawasan hutan lindung Bukit Betabuh dan kaki bukit Barisan. Karena itu selain air terjun panorama alam menjelang sampai ke air terjun  ini demikian indah. 

Sebelum sampai pengunjung melewati areal perbukitan berbelok layaknya suasana di Sumbar.  Dari kawasan jalan berbelok ini pengunjung dapat melihat lanskap Kuansing dari kejauhan. Jika berada sore hari di jalan  berbelok yang ada dapat melihat awan apalagi setelah hujan reda ditengah sejuknya alam yang masih hijau.

Air terjun tujuh tingkat Batang Koban  Ini air terjun paling indah di Kuansing yang terletak di Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan. Sayang sarana dan prasarana sudah banyak yang rusak. Pengunjung yang hendak kesini harus memiliki jiwa petualang. Sebab untuk kesana harus menempuh jalur air menggunakan speed boat. Karena sarana dan prasarana banyak yang rusak untuk mencapai  mencapai air terjun perlu perjuangan ekstra karena harus memanjang tebing. Tetapi bagi yang dapat mencapai tingkat ketujuh rasa lelah akan terobati melihat panorama alam yang indah nian.


Batang Ogan. Ini juga di desa Lubuk Ambacang. Aksesnya lebih mudah dan dapat dijangkau kenderaan roda dua dan roda empat. Masih di Hulu Kuantan ada air terjun sungai Kandi di desa Sungai Kelelawar. Ini juga cocok bagi yang suka berpetualang karena akses yang belum memadai. Bagi yang ingin wisata alternatif dikecamatan ini masih ada air panas di desa Sungai Pinang dan rumah adat berumur ratusan tahun di desa Koto Kombu.

Info tambahan Lubuk Ambacang kecamatan Hulu Kuantan berjarak 37 kilometer dari Teluk Kuantan. Jalan masuknya belok kanan setelah sampai pasar Lubuk Jambi kecamatan Kuantan Mudik.

Di kecamatan Singingi terdapat objek wisata tirta yang lagi populer dan patut disambangi yakni sungai Tabijo di desa  Petai kecamatan Singingi Hilir. Direkomendasi dikunjungi karena objek wisata ini dapat ditempuh dengan kenderaan roda dua dan empat.

Sedangkan di seputaran Kota Teluk Kuantan sendiri juga ada tempat-tempat wisata yang patut dikunjungi. Komplek rumah godang Kenegerian Teluk Kuantan di kawasan Karak dan komplek rumah godang kenegerian Sentajo di desa Sentajo. Ini lebih ke objek wisata budaya dan tradisi. Pengunjung dapat melihat bentuk rumah godang masing-masing suku yang ada di dua kenegerian ini.

Bagi yang suka alam yang asri ada kawasan hutan kota kompleks Pemda Kuansing, dari komplek Pemda dapat melihat kawasan bukit Barisan yang menjadi punggung pulau Sumatera dari kejauhan. Lalu hutan kota Pulau Bungin di desa Koto Taluk dan hutan lindung Sentajo di desa Koto Sentajo, disini pengunjung  dapat melihat pohon yang berumur ratusan tahun.

Sejatinya Kuansing memiliki puluhan objek wisata air terjun, arung jeram dan wisata  budaya. Namun sarana dan prasarana belum begitu memadai. (Rudi Husein)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »