Bupati Siak, Contoh Kepala Daerah Yang Peduli Terhadap Pelayanan Kesehatan Warga

Posted by On Wednesday, June 07, 2017


Siak, (puterariau.com) ---

"Tolong carikan rumah sakit yang ada di Pekanbaru untuk masyarakat kita yang membutuhkan, jika tidak bisa dibayar oleh Pemda, nanti biar saya yang bayar,” ujar Syamsuar menegaskan komitmennya membela masyarakat banyak.

Begitulah Bupati Syamsuar yang benar-benar memperjuangkan rakyatnya dalam memperoleh pengobatan. Saat ini, susah mencari pemimpin daerah yang rela mengorbankan kantong pribadinya jika terpaksa membiayai masyarakat miskin. Bahkan, mayoritas Bupati daerah lain terkesan kedekut atau takut jika ditemui rakyat kalau alasan 'duit' keluar.

“Karena  sudah menjadi tanggung jawab seorang pemimpin untuk melayani masyarakatnya,” kata Bupati bersempena malam ke-10 Safari Ramadhan ia di Masjid Baitul Muttaqin, Kumbara Utama Kecamatan Kerinci Kanan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, pihaknya membangun Rumah Sakit (RS) tipe D Pratama di Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan yang saat ini dalam proses pelelangan.

Terkait dengan pelayanan pasien dengan jaminan kesehatan, Syamsuar bilang nantinya RS Pratama memberikan pelayanan yang prima, sehingga hal itu menjadi nilai plus bagi RS Pratama.

Rumah Sakit Pratama adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan dasar yang tidak membedakan kelas perawatan dalam upaya menjamin peningkatan akses bagi masyarakat. Terutama dalam rangka penyelenggaraan kegiatan upaya kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan gawat darurat selama 24 jam, pelayanan rawat jalan, dan rawat inap.

Menurut rencana, di Rumah Sakit Pratama ini akan ada dokter spesialis dan perawat yang profesional untuk menangani pasien yang butuh pertolongan.

Dikatakan lagi, dokter yang akan bertugas disana nantinya adalah dokter yang berasal dari anak-anak daerah yang telah selesai pendidikannya. Adapun daerah yang diprioritaskan adalah Kecamatan Kerinci Kanan, Sungai Apit, Tualang, Minas dan Kecamatan Kandis.

Selanjutnya, ia berencana untuk membuat dokter keluarga, dokter keluarga ini akan datang ke rumah masyarakat hingga ke pelosok kampung. “Bukan pasien yang datang, tapi dokter yang datang kerumah warga,” terangnya.

Masih kata Bupati, Beberapa waktu yang lalu kami diundang rapat bersama BPJS dan Ketua IDI wilayah Riau di Pekanbaru, dalam rangka meningkatkan pelayanan BPJS kepada masyarakat. Terkait keluhan-keluhan dari masyarakat tentang BPJS akan ditindaklanjuti.

Tujuan rapat itu untuk mengoptimalkan hubungan kemitraan dan kepercayaan antara BPJS Kesehatan dan stakeholder terkait dalam mendorong pencapaian peningkatan kerjasama fasilitas kesehatan. Menjadi sarana diskusi, berbagi pengalaman dan mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada. (Fadil/adv)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »