Wow, Lima Kali Berturut-turut Kabupaten Meranti Sukses Raih Predikat WTP

Posted by On Wednesday, May 31, 2017



Selatpanjang,(puterariau.com) -----

Pengelola keuangan daerah Kabupaten Kepulauan Meranti semakin teruji. Selasa (30/5), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Riau memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) penggunaan APBD Tahun 2016.

Penyerahan PHP BPK RI, diawali dengan penandatanganan berita yang dilanjutkan dengan penyerahan LHP oleh Ketua BPK RI Perwakilan Riau Harri Purwaka SE MSF AK CA kepada Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Fauzy Hasan dan Bupati Kepulauan Meranti Drs.H Irwan MSi. LHP tersebut diterima Bupati Kepulauan Meranti Drs.H Irwan Nasir MSi di gedung BPK RI Perwakilan Riau Jalan Sudirman Pekanbaru.

Dengan diraihnya predikat WTP LHP LKPD Kepulauan Meranti Tahun 2016, Kabupaten Meranti berhasil mempertahankan kualitas penyajian laporan Keuangan dengan predikat WTP lima kali berturut-turut. "Selamat kepada Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah mempertahankan kualitas penyajian laporan  keuangannya," ujar Ketua BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka.

Kriteria yang digunakan oleh BPK RI dalam memberikan predikat WTP terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah meliputi Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektifitas pengendalian sistem intern, oenerapan standar akuntansi Pemerintahan, penataan dan pengelolaan aset tetap.

Dari penilaian BPK RI sesuai kriteria tersebut, Kabupaten Meranti bersama 3 Kabupaten lainnya yakni Rokan Hulu, Bengkalis dan Indragiri Hulu layak diberikan predikat WTP terhadap laporan keuangannya. Hal ini menandakan laporan keuangan 4 Kabupaten ini dinilai kredible, akuntable dan transparan.

“Terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Riau atas opini WTP yang telah diberikan, dan ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut. Untuk sebuah kabupaten baru tentu ini layak diapresiasi," papar Bupati.

"Terima kasih juga atas kinerja bidang keuangan Meranti dan semua OPD yang telah berhasil menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi Pemerintah Daerah yang telah ditetapkan,” tambahnya.

“Kita berterima kasih atas opini WTP karena ini merupakanbyang keempat kalinya berturut-turut. Untuk sebuah kabupaten baru tentu ini suatu pencapaian. Saya apresiasi atas kinerja bidang keuangan kita dan semua SKPD yang sudah menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansiyang ditetapkan,” ungkap Bupati Irwan Nasir. 

Dalam sambutannya, Ketua BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka SE MSF AK CA menyampaikan masih adanya permasalahan-permasalahan terkait sistem pengendalian intern dan ketidakpatuhan pada ketentuan peraturan perundang-undangan. Namun dari keseluruhan LHP atas LKPD tahun 2016 layak diberikan predikat WTP.

Ia juga mengingatkan sesuai pasal 20 UU nomor 15 tahun 2014, pejabat daerah wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK mengenai tindak lanjut atas rekomendasi dalam LHP. Jawaban atau penjelasan itu disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima. 

Sekedar informasi turut hadir dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun 2016 Kabupaten Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah Julian Norwis SE MM, Kepala Bappeda Meranti Murod, Kepala Badan Pengelola Keuangan Hariyandi dan lainnya. (agus)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »