Trio Beni Putra, SE MM : 'Pramuka Membentuk Tunas Bangsa Yang Berkarakter Dan Berkepribadian Pancasil

Posted by On Tuesday, May 02, 2017


Tembilahan, (puterariau.com)
Kwartir Ranting (Kwaran) 04.02.02 Gerakan Pramuka Tembilahan menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) di Kantor Pramuka, Jalan Subrantas, Tembilahan, Senin (1/5/2017) malam.

Kegiatan yang dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Tembilahan, RM Sudinoto SP MM ini diikuti oleh para peserta KMD yang berjumlah 50 orang.

Ketua Kwaran Pramuka Tembilahan, Trio Beni Putra SE MM, dalam pidatonya menyebutkan bahwa Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan aktifitas kepramukaan. "Diantara tugas pokok tersebut, salah satunya adalah pembentukan tunas bangsa yang lebih baik, berkarakter dan  bermental pancasila," tukasnya.

Gerakan Pramuka, dikatakan Trio Beni, dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan layaknya sekolah. Untuk itu, lanjutnya, perlu diciptakan para pembina Gerakan Pramuka yang andal dan tangguh melalui pelaksanaan Kursus Mahir Dasar.

"Dalam praktiknya, pendidikan dan pelatihan ini harus pula dilaksanakan secara profesional dan proporsional. Tata kerja kepramukaan juga sudah semestinya dijalankan secara mandiri melalui persahabatan dan persaudaran berlandaskan pada prinsip dasar kepramukaan," pungkasnya.

Awalnya, Trio Beni merasa bahwa pelaksanaan KMD Kwaran Tembilahan ini agak sedikit riskan mengingat kepedulian yang begitu minim dari para pembina di Gugus Depan. Namun, kerisauan tersebut dapat hilang dengan sendirinya karena jumlah peserta yang ada sampai pada saat ini, telah melebihi standar minimal yang dipersyaratkan.

"Ini membuktikan bahwa antusiasme para peserta begitu tinggi untuk menjadi seorang pembina Pramuka yang kompeten dan qualified untuk kemudian dapat memberikan ilmu dan pengetahuannya kepada para penerus pramuka yang akan datang," katanya.
(Ketua Kwaran Tembilahan, Trio Beni Putra, SE MM)

Selanjutnya, Trio Beni Putra menyampaikan bahwa pelaksanaan KMD tahun 2017 ini dikelola secara mandiri yang didanai oleh, dari dan untuk pembina serta donasi dari beberapa pihak, terutama dukungan dari kwartir cabang Indragiri Hilir baik dalam bentuk peminjaman gedung serta penyediaan tenaga pelatih selama penyelenggaraan KMD.

Kamabiran Pramuka Tembilahan, RM Sudinoto pada penyampaiannya menjelaskan bahwa Kursus Mahir Dasar merupakan suatu cara pembekalan karakter bagi generasi penerus pramuka, khususnya generasi penerus pramuka yang berasal dari Kecamatan Tembilahan.

"Kegiatan KMD ini juga dapat dijadikan instrumen dalam mengembangkan sikap dan perilaku positif kader muda Pramuka kedepannya. Sehingga dapat mengantisipasi aktifitas yang bertentangan dengan etika dan moril serta kesusilaan," jelasnya.

RM Sudinoto mengakui bahwa dalam pramuka, pembekalan yang diberikan dari generasi ke generasi, dinilai lebih komprehensif jika dibandingkan dengan organisasi lainnya karena mencakup berbagai aspek kehidupan.

Dari sisi prestasi, RM Sudinoto mengungkapkan bahwa Kwartir Ranting Pramuka Tembilahan pernah menjadi yang terbaik beberapa tahun silam. Untuk itu ia berharap, Kwaran Pramuka Tembilahan bisa menorehkan prestasi serupa.

"Saat prestasi tersebut diraih setiap bulannya, Pramuka Tembilahan senantiasa menyelenggarakan kegiatan apapun bentuknya. Contoh kecil seperti bantuan terhadap musibah yang melanda kawasan Kabupaten Inhil, Kwaran Pramuka Tembilahan secara sigap bergerak menggalang bantuan untuk daerah korban bencana tersebut," katanya.

Untuk itu, RM Sudinoto mengharapkan kepedulian seperti yang diberikan oleh Kwaran Pramuka Tembilahan untuk senantiasa mempertahankan sikap dan kegiatan positif seperti yang telah sering dilakukan tersebut.

Pembukaan kegiatan Kursus Mahir Dasar ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan Bendera Pelatih oleh Kamabiran Tembilahan, RM Sudinoto SP MM kepada pimpinan pelatih. (Beni/adv)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »