Respons Keluhan Warga, Bupati Inhil Sidak Ke PLN Tembilahan

Posted by On Tuesday, May 30, 2017



Tembilahan, (puterariau.com) ---I---

Merespons keluhan masyarakat perihal pemadaman listrik yang akhir-akhir ini kerap terjadi, Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan menyambangi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tembilahan di lokasi Pembangkit Listrik Parit 4, Tembilahan Hulu, Selasa (30/5/2017).

Dalam kunjungan ini, Bupati Wardan mendapatkan klarifikasi dan memaklumi permasalahan teknis yang tengah dihadapi oleh pihak PLN Rayon Tembilahan.

"Dari sisi mesin tenaga listriknya tidak ada masalah, hanya ada sedikit gangguan kontrol mesin untuk men-supply aliran listrik keluar saja yang sekarang menjadi persoalan," terang Bupati Wardan.

Terkait kontrol mesin, berdasarkan hasil tinjauan, Bupati Wardan mengungkapkan bahwa teknisi PLN senantiasa melakukan pengawasan atas operasional mesin listrik.

"Tadi malam (Senin, 29/5/2017) pun, pihak PLN telah berupaya maksimal sampai jam 2 dini hari melakukan perbaikan terhadap mesin listrik ini. Ini berarti ada rasa tanggung jawab dari mereka yang patut kita hargai," ungkapnya.

Disamping itu, Bupati Wardan menghimbau kepada masyarakat agar dapat bersabar atas pemadaman listrik yang terjadi sembari menunggu kondisi kelistrikan kembali normal.

"Jadi kepada masyarakat jangan terlalu cepat memberikan respons negatif atas kejadian ini. Saya sudah lihat sendiri apa yang terjadi. Semoga saja permasalahan yang tengah dihadapi oleh PLN dapat segera teratasi sehingga listrik di daerah kita ini dapat kembali normal," tandas Bupati.

Sebelumnya, Manajer PLN Rayon Tembilahan, Iwan Eka Putra secara spesifik menjelaskan bahwa pemadaman yang terjadi dan sempat mengundang respons negatif masyarakat tersebut dikarenakan oleh adanya gangguan teknis pada pengoperasian mesin pemasok listrik.

"Yang dihadapi bukan lagi persoalan kekurangan daya kelistrikan, melainkan adalah persoalan teknis pada pengoperasian mesin listrik yang notabene baru dioperasikan. Tepatnya, adalah gangguan kontrol karena penerapan pola baru dalam sistem kontrol," jelas Iwan.

Lebih lanjut, Iwan juga menjelaskan bahwa saat ini pihak PLN Tembilahan tidak lagi menghadapi kendala dari sisi ketersediaan daya kelistrikan. Sebab, pihak PLN telah mengoperasikan mesin baru guna menambah daya kelistrikan sejak beberapa waktu lalu.

"Sekarang, ketersediaan daya kelistrikan kita sudah lebih daripada beban penggunaan listrik oleh masyarakat Tembilahan. Total beban penggunaan listrik masyarakat Tembilahan adalah sebesar 14,5 MW (Mega Watt), sedangkan pasokan listrik yang tersedia ada sebesar 27,5 MW. Artinya ada surplus daya," terang Iwan.

Surplus daya, diungkapkan Iwan, berasal dari pengoperasian mesin pembangkit daya listrik yang lama dan yang baru dengan masing-masing daya sebesar 12,5 MW dan 15 MW.

"Jadi permasalahan pemadaman listrik baru-baru ini, khususnya yang terjadi tadi malam itu bukan karena kendala defisit daya, melainkan murni permasalahan dari sisi kontrol atau proteksi yang masih perlu direset (atur ulang, red). Masih perlu ada penyesuaian," tutur Iwan.

Kedepan, Iwan berjanji bahwa pihak PLN akan terus berupaya maksimal mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini guna menstabilkan kondisi listrik, khususnya di wilayah Tembilahan.

"Saat ini pun kami lagi mengevaluasi pola perhitungan proteksi, alat ukur, cabling dan segala macamnya. Sesegera mungkinlah kita upayakan, bahkan kalau bisa hari ini pun harus bisa selesai," tutup Iwan. (Beni/adv)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »