Mengenal Tanaman Herbal Berkhasiat disekitar Kita

Posted by On Saturday, May 06, 2017

Khasiat Tanaman 'Apotek Hidup' yang Wajib Anda Ketahui
Puterariau.com - Pekanbaru

Menjalankan pola hidup sehat di rumah, bisa dimulai dengan membuat taman yang bertemakan ‘Apotek Hidup’.
‘Apotek Hidup’ merupakan istilah untuk taman atau Kebun yang menyediakan berbagai jenis tanaman berkhasiat, seperti jahe, belimbing wuluh, temulawak, daun dewa, seledri, dan lain-lain.
Selain menghijaukan pemandangan, tanaman-tanaman tersebut nantinya, juga dapat dijadikan sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat.

Selain apotek hidup, istilah yang kerap disebut adalah pagar hidup. Karena ditanam di pekarangan rumah, tanaman herbal tersebut juga bisa berperan sebagai Pagar Alami.
Sebelum Anda membuat apotek hidup, ada baiknya Anda mengetahui ragam tanaman herbal yang tepat dijadikan sebagai jenis tanaman apotek hidup.

Berikut ini enam khasiat tanaman apotek hidup yang wajib Anda ketahui:

Tanaman kumis kucing (sumber: snaplant.com)
1. Tanaman kumis kucing
Kumis kucing. Tanaman dengan bunga yang menyerupai kumis kucing ini memiliki khasiat untuk mengobati masuk angin, radang ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan glukosa darah dan sembelit.


Tanaman lidah buaya (sumber: homeremediess.com)
2. Tanaman lidah buaya 
Lidah buaya. Siapa sangka tanaman berduri ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Tidak hanya dikenal dapat menyuburkan rambut, lidah buaya juga memiliki khasiat mengobati radang tenggorokan, sembelit, batuk, sakit kepala, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, luka bakar, penurunan gula darah, hingga serangan jantung.


Daun saga (sumber: lucidcentral.org)
3. Daun saga 
Daun saga. Berbicara tentang jenis tanaman saga, sepertinya Anda harus berhati-hati. Mengapa? Pada tanaman saga, terdapat dua bagian yang bisa menjadi obat dan ada juga yang bisa menjadi racun bagi tubuh manusia.
Bagian daun saga adalah bagian paling berkhasiat untuk tubuh, karena dapat mengobati amandel, radang mata, sariawan, tekanan darah tinggi, batuk kering, jantung berdebar dan keringat dingin.
Sedangkan buah yang berwarna merah ini jangan Anda konsumsi. Sebab, bisa menjadi racun pada tubuh.


Daun dewa (sumber: inaturalist.org)
4. Daun dewa
Daun dewa, atau Gynura Divaricata ini memiliki khasiat anti inflamasi (anti radang), melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, luka memar, menghentikan pendarahan, kencing manis, diabetes melitus, dan pembersih racun dalam tubuh.


Daun sambiloto (sumber: homeremediess.com)
5. Daun sambiloto 
Sambiloto, mencegah pembentukan radang, menurunkan panas badan, meredakan sakit perut, kencing manis, terkena racun, menurunkan tekanan darah.


Daun cincau (sumber: tanamanobat.net)
6. Daun cincau
Daun cincau, Daun ini menjadi sangat primadona karena dapat menjadi bahan utama minuman penyegar tenggorokan. Selain terkenal sebagai bahan minuman yang lezat, daun cincau juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit perut,demam, hipertensi,mengobati tumor ganas, kanker ginjal, antiradang, hopertensi, vertigo, kolesterol, dan maag kronis. (Int/Rc)







Next
« Prev Post
Previous
Next Post »