Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Religi

Posted by On Monday, May 01, 2017

Hidayat Sapat, (puterariau.com) --I--Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengikuti seluruh rangkaian prosesi Peringatan Haul Ke-80 Syeikh Abdurrahman Siddiq Bin Syeikh M. Afif Al-Banjari di Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, Senin (1/5/2017) pagi.

Turut hadir, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), rombongan bupati dan gubernur , Forum Kekerabatan Kerajaan Indragiri (FKKI),  serta sejumlah tokoh agama serta ribuan jama'ah lainnya, baik yang berasal dari Kabupaten Inhil maupun luar Kabupaten Inhil.

Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya pada prosesi pembukaan mengatakan bahwa penghargaan terhadap Syeikh Abdurrahman Siddiq begitu besar yang tak hanya berasal dari Kabupaten Inhil, melainkan juga oleh pihak dari luar daerah Kabupaten Inhil.

"Salah satu wujud dari penghargaan tersebut diberikan terhadap karya-karya Syeikh Abdurrahman Siddiq yang dikemas dalam berbagai bentuk, baik buku, syair dan lain sebagainya. Diketahui, buku karya Syeikh Abdurrahman Siddiq saja yang tercatat ada sekitar 12 buah. Belum lagi buku lainnya yang tidak teridentifikasi," katanya.

Bupati Wardan mengatakan bahwa Syeikh seorang ulama besar karismatik dan cerdas yang telah banyak memberikan kontribusi kepada umat, salah satunya melalui karya-karya yang diciptakan dan hingga saat ini masih diadopsi dan diterapkan oleh banyak umat muslim.

"Salah satu karya Syeikh Abdurrahman Siddiq yang tersohor adalah syair 'ibarat kabar kiamat'. Dalam setiap even kegiatan Kabupaten, Pemerintah Kabupaten senantiasa memperlombakan syair tersebut. Sebab, dalam syair, banyak sekali pesan yang mengingatkan kita sebagai umat untuk mempersiapkan diri akan kedatangan hari kiamat," pungkasnya.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan bahwa Syeikh Abdurrahman Siddiq telah menyebarkan agama Islam ke banyak daerah, tidak hanya dalam negeri, bahkan juga luar negeri.

"Beliau telah memperlihatkan kepada kita persatuan dan kesatuan. Contohnya, silaturahmi yang ditinggalkan oleh beliau berupa peringatan Haul ini. Peringatan yang bertujuan untuk mengenang Syeikh Abdurrahman Siddiq," tuturnya.

Untuk melestarikan tradisi religi ini, Gubernur Riau mengungkapkan bahwa pihak Pemerintah Provinsi Riau akan memberikan bantuan berupa dana menggunakan APBD Provinsi Riau pada tahun anggaran 2018 mendatang.

"Pemprov akan mendukung dengan cara menganggarkan bantuan dana untuk penyelenggaraan Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq ini pada tahun 2018. Semoga bantuan ini memberikan manfaat positif dan dapat dilakukan secara berkesinambungan pada tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Sementara Itu, Ketua Forum Kekerabatan Kerajaan Indragiri (FKKI), HR. Maizir Mit SE MBA mengatakan bahwa kita merasakan ketokohan Syeikh Abdurrahman Siddiq itu merupakan  figur pemersatu yang susah dicari. " Perjalanan hidup Syeikh Abdurrahman Siddik penuh dengan lika-liku perjuangan dan pengorbanan demi menegakkan syariat agama Islam kepada umat dimana beliau berada," ujarnya. 

Syeikh Abdurrahman Siddiq merupakan tokoh yang disegani dan nama nya tetap harum sampai saat ini. Sebagai mufti Kerajaan Indragiri dengan cita- cita untuk perbaikan ibadah umat yang tanpa pamrih. 

Dikatakannya lagi, Keberadaan Makam Tuan Guru Sapat ini merupakan suatu aset bagi daerah untuk  menjadikan destinasi wisata religi yang bisa diikuti oleh keunggulan budaya daerah, keunggulan lokal budaya dengan menampilkan permainan-permainan tradisional yang terbanyak di riau,  khusus nya Indragiri Hilir. Untuk itu kebutuhan insfrastruktur kelokasi tempat makam bersejarah syeikh Abdurrahman Siddiq perlu ada perhatian dan sentuhan Pemerintah.  

"Kita berharap dengan adanya destinasi wisata religi tersebut membawa dampak ekonomi kepada masyarakat tempatan yang bergairah dan lebih baik. Karena kunjungan wisata religi tersebut pada saat haul bersejarah ini penuh dengan lautan manusia yg berdatangan bukan saja dari daerah kawasan riau dan kalimantan,  malahan dari manca negara," tutupnya. 

Ketua Panitia Haul Ke-80 Syeikh Abdurrahman Siddiq, DR. HM Ali Azhar SSos MH mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan haul ini, terdapat sejumlah kontribusi yang diberikan oleh berbagai pihak, baik dalam wujud materil maupun non-materil.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu mensukseskan penyelenggaraan Haul kali ini. Ini artinya masih terdapat kepedulian yang besar terhadap Mufti Kerajaan Indragiri, Syeikh Abdurrahman Siddiq," katanya.

Ali Azhar juga berharap  mendapat bantuan dari pemerintah daerah guna pembangunan beberapa  fasilitas untuk mengakomodir kehadiran para jema'ah yang hadir dalam Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq setiap tahunnya.

"Masih banyak sekali yang perlu dibenahi kedepannya. Seperti halnya, infrastruktur jalan dan dermaga yang setiap tahunnya senantiasa dipadati oleh para jema'ah yang berkunjung," tukasnya. (Beni/adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »