Guru SMA/SMK Kecewa, TPP Lebih Rendah Dari Golongan I Struktural

Posted by On Friday, May 12, 2017



Siak, (puterariau.com)

Perpindahan kewenangan SMA/SMK menyisakan kekecewaan mendalam bagi guru SMA/SMK maupun guru lainnya yang bernaung di bawah Pemerintah Propinsi Riau. Hal ini disebabkan jumlah TPP yang diberikan Pemprop Riau lebih rendah dari TPP yang diberikan kepada pegawai struktural.

"Bayangkan dengan golongan I struktural mendapatkan 2,4 juta per bulan, sedangkan golongan 3 guru hanya mendapat TPP sebesar 1,75 juta saja. Tahun lalu guru mendapatkan TPP/tunjangan kemahalan/tunjangan beban kerja dengan jumlah yang sama dengan yang diterima oleh pegawai struktural, yaitu 3,5 juta, untuk golongan 3A guru sama besarnya dengan pegawai struktural 3A," ujar sumber PR dari kalangan guru di Siak.

Anehnya pula kenapa disaat struktural mengalami kenaikan, guru malah mengalami penurunan, tentu menjadi perhatian semua. Kalau alasannya sertifikasi, toh tidak semua guru yang menerima sertifikasi. Namun sertifikasi mempunyai UU sendiri yang diberikan secara khusus kepada guru sebagai penghargaan atas lulusnya guru itu pada PLPG sebagai guru profesional. "Jadi tidak ada alasan untuk mempedomani sertifikasi sebagai acuan untuk mengurangi TPP.

Misalnya pegawai struktural Dispenda juga mempunyai upah pungut yang juga punya UU seperti halnya sertifikasi, tapi toh mereka menerima lebih besar dari guru. "Upah pungutnya saja sudah lebih besar dari guru, tambah lagi TPP nya makin besar, ada apa negara ini saat ini," keluhnya pada Putera Riau.

Terlihat sekali bahwa guru sedang mengalami ketimpangan oleh Pemerintah. Seolah-olah guru tidak penting dan tidak perlu disejahterakan seperti yang diinginkan olehs Pemerintah pusat. (Beni Yusandra/cdr)




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »