Gubri Terkejut 14 Desa Di Siak Tidak Ada Listrik, Andi Rahman: "Pemerintah komitment Program Riau Bebas Gelap "

Posted by On Thursday, May 25, 2017

PuteraRiau- PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmikan Listrik Masuk Desa di Minas Barat. Tercatat dari 1.000 Kepala Keluarga (KK) yang belum mendapatkan aliran listrik, setidaknya melalui program listrik masuk desa dari PLN ini sebanyak tiga ratusan KK mendapat penerangan. 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol bersama. Peresmian ini juga ditandai dengan menghidupkan NCB listrik pertama disalah satu rumah warga. "Dengan peresmian ini dari 1000 KK sebelumnya yang belum dialiri listrik, akhirnya ada sekitar 250 sampai 300 yang mendapatkan penerangan hari ini. 

Gubernur Riau berharap pada peresmian yang dihadiri Wakil Bupati Siak Alfredli dan GM PLN Riau Kepri M Irwansyah Putra, Minas Barat akan lebih maju masyarakatnya seiring telah masuknya listrik masuk desa tersebut. 

Selain itu, Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah berkontribusi dalam hal pembangunan melalui program listrik masuk desa tersebut. Meski begitu, Andi juga menyatakan keterkejutannya, karena tak menyangka kawasan Minas Barat yang sering dilaluinya justru masayakatnya belum mendapatkan penerangan. 

Lebih lanjut, Andi memastikan selama bulan Ramadhan, tidak akan ada pemadaman bergilir oleh PLN. Menurutnya, dirinya sudah berbicara dengan petinggi PLN agar tak melakukan pemadaman, untuk memberikan kenyaman kepada masyarakat dalam beribadah. 

"Insya Allah tadi saya sudah tanya dengan pak GM insya Allah bulan puasa kita bisa lebih baik lagi. Tak ada pemadaman lagi seperti dulu," ujar Andi.

Masih ada 14 desa di Siak yang belum dialiri listrik. Sementara untuk secara keseluruhan di Riau tercatat ada 500 lebih desa yang bernasib sama, belum mendapatkan penerangan dari mendapatkan penerangan dari PLN. Hal ini dikatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai peresmian listrik masuk desa di Minas Barat, Kabupaten Siak Kamis (25/5/17).

"Siak masih ada 14 desa yang belum teralirkan listrik. PLN, berencana tahun ini ada empat desa, dan berikutnya 10 desa. 2018 dan 2019 selesai," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri). 

Komitmen ini juga berlaku untuk menuntaskan program penerangan desa yang secara keseluruhan terdapat ada 500 desa di Riau yang juga belum mendapatkan penerangan listrik. 

"Dan ini juga sudah menjadi komitmen PLN untuk menuntaskan masalah penerangan di Riau. Ada sekitar 500 lebih desa secara bertahap, 2019 kita harap sudah teralirkan," terang Andi. Mantan anggota DPRD Riau dan DPR RI ini meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten kota di Riau untuk mendukung soal penerangan ini. Selain persoalan Riau, hal itu juga bagian dari proyek strategis nasional.

Andi menyatakan, dalam nantinya dirinya akan kita membicarakan juga dalam pertemuan terbatas bersama pihak terkait di pusat. Termasuk soal RTRW yang dianggap masih menjadi kendala selama ini. "Kita dorong kita doakanlah. Pemerintah kabupaten/kota kita harap ini kita tuntaskanlah. Jadi terus kita doronglah," ujar Andi. (Dil/rls/rtc)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

baru tau ya,,,

USAH LISTRIK AJO DI PERMASALAH KAN PAK GUBENUR.JALAN SIAK DANA PEMPROV BYK DI CORET.RUSAK PARAH.DANA PUSAT DIPINDAH KAN.TAHU BETUL BUPATI SIAK MENCALONKAN.BERPOLITIK LAH SECARA SEHAT...