Diskusi Panel SMAN 1 Tembilahan Hulu, Sekdaprov Riau Sebut IPM Inhil Makin Membaik

Posted by On Sunday, May 14, 2017



Tembilahan, (puterariau.com)

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi menjadi salah satu panelis dalam diskusi panel yang digelar sebagai bagian rangkaian kegiatan pada penyelenggaraan Reuni Akbar SMAN 1 Tembilahan Hulu di Gedung Engku Kelana, Tembilahan, Sabtu (13/5/2017).

Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Aslan Wiguna ini, selain Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, juga terdapat 2 orang alumni SMAN 2 Tembilahan lainnya yang menjadi panelis, yaitu DR. Hendri Nasution dan Syukur Alias Ameng.

Diskusi panel ini mengangkat tema 'Pembangunan Karakter Wirausaha Dan SDM Menghadapi Persaingan Global' sesuai dengan salah misi SMAN 1 Tembilahan Hulu.

Ahmad Hijazi mengatakan bahwa para siswa bahkan alumni harus mampu melihat peluang masa depan yang baik dan melangkah lebih maju, diawali dengan membangun disiplin diri. "Sebab, melalui disiplin diri telah banyak bukti yang berimbas positif terhadap kesuksesan bagi seseorang," kata Ahmad Hijazi.

Guna memotivasi diri dalam mewujudkan kontribusi bagi daerah, dikatakan Ahmad Hijazi, para siswa bahkan alumni terlebih dahulu harus memahami visi Provinsi Riau maupun Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain itu, pada pemaparan yang diberikan, Ahmad Hijazi membahas perihal kondisi perekonomian global yang begitu dinamis. Menurutnya dalam kondisi tersebut, perubahan yang akan terjadi dalam perekonomian global dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Untuk dapat mengikuti arus dinamika perekonomian global yang tinggi, dijelaskan Ahmad Hijazi, perlu sumber daya manusia yang berkualitas agar tidak tertinggal dalam atmosfer persaingan yang kental.

"Indikator tingkat kualitas SDM ini ditunjukkan oleh IPM (Indeks Prestasi Manusia). IPM Provinsi Riau termasuk pada urutan keenam dengan nilai indeks 70,84. Komponen pengukuran IPM ini terdiri dari angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata orang sekolah dan pendapatan per kapita," terangnya.

"Sedangkan IPM Kabupaten Inhil sudah sedikit membaik dibandingkan sebelumnya dengan nilai 3,80. Ini semua diasumsikan karena harga kelapa yang kian membaik dari waktu ke waktu," sambung Ahmad Hijazi yang juga merupakan alumni SMAN 2 Tembilahan yang sekarang menjadi SMAN 1 Tembilahan Hulu.

Sedangkan Angka Harapan Hidup di Inhil, disebutkan Ahmad Hijazi berada pada posisi nomor dua terendah dengan rata-rata 66,54 tahun. Yang cukup memprihatinkan, kata Ahmad Hijazi, Harapan Lama Sekolah Kabupaten Inhil berada pada posisi terendah dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Untuk memperbaiki kualitas hidup, Ahmad Hijazi menyarankan agar terlebih dahulu mendorong tingkat kesehatan sehingga angka harapan hidup secara linear akan meningkat.

"Pemerintah Daerah juga harus mampu membangun kompetensi berprestasi dan kompetensi perencanaan karena itu termasuk ukuran kualitas. Selain itu, upayakan juga untuk membangun komunikasi dan membangun pola perencanaan yang baik," minta Ahmad Hijazi.

Diskusi panel yang digelar selama hampir 2 jam ini diikuti dengan serius oleh para peserta yang terdiri dari alumni dan siswa SMAN 1 Tembilahan Hulu. Diskusi panel juga berlangsung begitu interaktif, terutama pada sesi tanya-jawab antara para panelis dengan peserta.
(beni/adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »