Bupati Inhil Resmikan Surau Al- Hidayah Di Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang

Posted by On Friday, May 12, 2017



Kuala Proyek, (puterariau.com)

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan meresmikan Surau Al-Hidayah di Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang, Kamis (11/5/2017) siang. Peresmian Surau Al-Hidayah ini ditandai dengan penandatanganan prasasti disaksikan oleh puluhan warga setempat yang turut hadir.

Hadir dalam acara peresmian, Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikha Wardan yang mendampingi Bupati Inhil, HM Wardan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Dengan diresmikannya Surau Al-Hidayah, Bupati Wardan menghimbau kepada warga setempat agar dapat menjaga dan merawat Surau Al-Hidayah sebaik mungkin.

"Dengan adanya tambahan sebuah Surau ini, maka sarana ibadah di Kabupaten Inhil juga semakin bertambah. Gunakanlah rumah ibadah agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya," imbau Bupati.

Bupati Wardan menjelaskan kepada puluhan warga setempat yang hadir bahwa pada zaman Rasulullah SAW sebuah Mesjid maupun surau tidak hanya memiliki satu fungsi sebagai Rumah Ibadah semata, melainkan juga dijadikan sebagai wadah mengatur strategi perang dan musyawarah sebelum mengambil kebijakan-kebijakan strategis.

"Begitu pula dengan surau ini yang nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan desa, seperti musyawarah dan lainnya," tukas Bupati Wardan.

Mesjid, Mushalla atau surau di Kabupaten Inhil, dikatakan Bupati Wardan, semua sudah tergolong bagus. Pertanyaannya, lanjut Bupati, untuk apa dibangun seindah mungkin kalau jema'ahnya hanya bisa memenuhi satu syaf saat shalat berjama'ah?.

Mengantisipasi rendahnya antusiasme warga untuk shalat berjama'ah ini, Bupati Wardan telah merumuskan sebuah program yang dinamakan 'Gerakan Shalat Shubuh Berjama'ah'.

"Untuk gerakan ini, Pemerintah Kabupaten Inhil telah menyurati para Camat agar menggerakkan warganya shalat berjama'ah di Mesjid, Mushalla maupun Surau di masing-masing daerah setiap shubuh dalam program 'Gerakan Shalat Shubuh Berjama'ah. Sekarang, tempat-tempat ibadah tersebut sudah cukup ramai dibandingkan sebelumnya," kata Bupati Wardan.

Sekadar informasi, guna menunjang penyelesaian pelaksanaan pembangunan, pada tahun anggaran 2017 ini, Surau Al-Hidayah akan memperoleh alokasi dana melalui APBD Kabupaten Inhil sebesar Rp. 100 juta.

Sementara itu Ketua Surau Al-Hidayah, Syarifuddin yang akrab disapa Udin Toke mengharapkan agar pembangunan Surau ini bisa berkelanjutan mengingat banyaknya jamaah Surau. "Apalagi program Magrib Mengajinya sudah berjalan sekitar 30 anak," ucapnya. (Beni/adv)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »