Akhirnya, Kepsek Harewakhe Batalkan Pungutan Pada Siswa

Posted by On Friday, May 05, 2017



Nias Utara, (puterariau.com)

Setelah melakukan investigasi dari berbagai bidang ada, baik dari PWRI Nias utara Febeanus Zalukhu, maupun bidang DPC JKPK Kecamatan Afulu Fatisokhi Nazara mengenai pengutipan dana kepada siswa di Sekolah Dasar No.078133 Harewakhe, Kamis lalu (07/05), akhirnya Kepsek Faiginasokhi Zebua membatalkan pungutan tersebut.

Kepala Sekolah Faiginasokhi Zebua dalam keterangannya menyebutkan bahwa peserta ujian di SD ini ada 10 orang dan biasanya kalau UN di tahun-tahun yang lalu, SD Harewakhe digabungkan ke beberapa instasi sekolah. "Namun kali ini tidak digabungkan, makanya biaya penggunaan dalam UN kali ini sangat besar," ujarnya.

Ia membenarkan ada pengutipan di Sekolah ini sebesar Rp.200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah) kepada siswa yang mengikuti UN atau ujian tahap akhir, dan itu sudah melalui musyawarah bersama Ketua Komite, Kepala Sekolah dan orang tua. "Karena disini kekurangan dana penyelenggara seperti pembuatan penyusunan soal di UPT sebesar Rp.50.000/siswa, dan pengadaan soal di Kabupaten sebesar Rp.30.000/siswa. Terpaksa hal ini diambil dari dana BOS melalui kesepakatan bukan perintah. "Karena sekolah tidak bisa membuat soal, makanya dialihkan kepada UPT/KKG," beber Kepsek.

Ia menambahkan bahwa pihaknya membuat musyawarah bersama orang tua siswa dan Komite Sekolah. Karena masih banyak kekurangan dana penyelenggara dan hasil dari musyawarah itu bukan pribadi melainkan untuk umum, papar Kepsek lagi.

Dinyatakannya bahwa uang dari hasil musyawarah itu kemarin masih belum terkumpul, baru minggu ini dikumpulkan. "Karena begini situasinya, ada sebagian orang tua yang tidak setuju, maka kami mengambil kesimpulan bahwa hal ini dibatalkan," pungkasnya. (Meifermanto Gea).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »