Tim Penggerak PKK Kabupaten Meranti Lakukan 'Road Show' Program PKK di Kecamatan Tasik Putri Puyu

Posted by On Saturday, April 29, 2017




Selat Panjang, (puterariau.com)-
Tim Penggerak PKK Kepulauan Meranti yang di nahkodai Hj. Nirwana Irwan tengah gencar mensosialisasikan 10 program pokok PKK di negeri sagu dimana sosialisasi dilakukan dengan road show di setiap Kecamatan dalam rangka meningkatkan peran PKK untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Meranti.

Sebelumnya Hj. Nirwana Irwan melakukan Road show di Kecamatan Merbau. Kali ini kegiatan dilanjutkan di Kecamatan Tasik Putri Puyu. Dalam Road show tersebut Hj. Nirwana mengumpulkan semua kader penggerak PKK di Kecamatan untuk dibina dan diberikan pemahaman tentang 10 program PKK yang merupakan unsur pokok demi tercapainya keluarga bahagia dan sejahtera. Kunjungan di Kecamatan Tasik Putri Puyu dipusatkan di Desa Bandul, tepatnya di Kantor Camat Putri Puyu pada Sabtu (29/4).

Adapun 9 program pokok PKK yang dipaparkan oleh Hj. Nirwana untuk diterapkan oleh PKK mulai dari Kota hingga Kecamatan dan Desa meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan terakhir perencanaan sehat.

Menurut Hj. Nirwana di hadapan para kader penggerak PKK di Kecamatan Tasik Putri Puyu, dalam membangun daerah bukan saja dilakukan melalui pembangunan infrastruktur tetapi juga membangun pola fikir masyarakat sehingga mampu mengembangkan semua potensi yang dimiliki daerah.

Ia berharap kegiatan sosialisasi 10 Program Pokok PKK ini jangan hanya menjadi seremonial tetapi dapat dipahami dan diterapkan oleh kader PKK Kecamatan hingga Desa dalam kehidupan sehari-hari. Semua ibu-ibu yang tergabung tim penggerak PKK diminta dapat saling dukung untuk mensukseskan program tersebut. 

"Melalui 10 program pokok PKK ini mari kita dukung dan sukseskan program pembangunan yang sedang digesa oleh Pemerintah Daerah," ujarnya Hj. Nirwana Irwan.

Sementara itu, Camat Tasik Putri Puyu, Abdul Hamid sangat mendukung kegiatan tim penggerak PKK Kabupaten. Menurutnya, pembangunan yang ada saat ini tak terlepas dari peran tim penggerak PKK mulai dari Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa. 

Apalagi dalam 10 program pokok PKK yang tengah gencar disosialisasikan itu telah mencakup unsur penting pendukung pembangunan. Sebut saja salah satunya pembinaan pendidikan dan keterampilan pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan pembentukan manusia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan meliputi pendi­dikan dalam lingkungan keluarga, disitu terdapat kewajiban orang  tua terha­dap anak, cara mendidik anak, merawat dan membimbing anak, pendidikan budi pekerti, agama dan lainnya. 

"Pembinaan ini dapat menekan tingkat kenakalan remaja dan keterlibatan remaja mengkonsumsi narkoba," ujar Camat Tasik Putri Puyu, Abdul Hamid.

Selain itu Gotong Royong yang merupakan sebuah perbuatan luhur warisan nenek moyang dimana tercermin suasana kekeluargaan yang kuat dan menjadi modal berhasilnya sebuah pembangunan.

Kemudian juga program perencanaan hidup sehat yang diaplikasikan melalui Posyandu. Untuk yang satu ini, diakui Camat sudah berjalan sejak lama bahkan melalui Tim Penggerak PKK Tasik Putri Puyu sudah menerapkan pelayanan dari rumah ke rumah. "Ini kami lakukan agar masyarakat termotivasi untuk hidup sehat dan sudah berjalan sejak beberapa bulan terakhir," aku Camat.

Camat juga menyinggung tentang pembangunan jalan dari Desa Mekar Delima ke Desa Tasik Putri Puyu sepanjang 5,8 KM yang hingga saat ini sudah dikerjakan lebih kurang 2 KM. "Dengan tuntasnya pembangunan jalan itu nanti diharapkan dapat memperlancar akses ekonomi antar Desa di Kecamatan Tasik Putri Puyu yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," harapnya. (Agus/pr)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »