Proyek Nias Terang Masih Sebatas Janji Politik

Posted by On Tuesday, April 04, 2017



Gunung Sitoli, (puterariau.com)

Merasa kecewa terhadap kinerja PT. PLN (Pembangkit Listrik Negara), gabungan pemuda secara spontan mendatangi kantor PT. PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara Area Nias Rayon Gunungsitoli, Area Nias di Jalan Gomo No. 21, Selasa (4/4/17) sekitar pukul 20.20 WIB.

Para pemuda tersebut berjalan kaki sejauh 15 Km dari depan kampus IKIP Gunung Sitoli menuju kantor PT. PLN Area Nias Rayon Gunung Sitoli yang berlokasi di pasar Gomo. Mereka mendatangi kantor PLN tersebut dengan membawakan lilin yang sudah dinyalakan lantaran kecewa dengan kinerja PLN Area Nias yang dinilai sangat mengecewakan masyarakat Nias khususnya terkait pemadaman lampu yang tidak beraturan.

Pantauan di lapangan, saat ini aksi penyalaan lilin di depan kantor PT. PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara Area Nias Rayon Gunung Sitoli sedang berlangsung dan pihak keamanan dari Polres Nias pun diturunkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi.

Memang masalah pemadaman listrik yang terjadi di Kepulauan Nias tersebut merupakan permasalahan yang sudah mengakar sejak puluhan tahun lalu yang hingga kini masih belum ada solusi yang benar-benar nyata dirasakan oleh masyarakat Nias.

Pemadaman Listrik yang terus-menerus terjadi menjadi salah satu ciri khas keunikan di Kepulauan Nias. Keunikan tersebut dapat dilihat jika pemadaman terjadi dimalam hari, rumah-rumah warga yang kian terang berubah wujud bagaikan pondok yang terasingkan ke dalam hutan belantara yang gelap gulita.

Keindahan kota dan perkampungan yang kian ramai menjadi sunyi bagaikan hutan belantara yang tiada cahaya yang hanya dihiasi dengan cahaya-cahaya kecil saja yang terdiri dari lilin dan lampu-lampu kecil.

Anak-anak sekolah merana tak bisa belajar, aktivitas masyarakat terhenti, inilah konsekuensi yang harus diterima masyarakat nias dari pemadaman lampu tersebut dimana perubahan sosial bergulir dengan sangat cepat.

Sementara itu proyek Nias terang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat nias, hingga saat ini belum teralisasi dengan baik sesuai dengan janji presiden Jokowi saat melakukan kunjungan di Pulau Nias beberapa waktu yang lalu.

Tentunya masyarakat kepulauan nias khususnya, menaruh harapan besar agar permasalahan listrik di kepulauan Nias tersebut tidak berlarut-larut dan segera mendapat solusi yang baik dari pemerintah dan pihak pengelola PT. PLN.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi dari pihak manager PT. PLN Area Nias terkait permasalahan pemadaman listrik dimaksud dan akan dimuat dalam edisi berita selanjutnya. (Alvyn H)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »