Kunjungan Bupati Siak Syamsuar Mendapat Sambutan Hangat Masyarakat Rokan Hilir

Posted by On Saturday, April 15, 2017




Bagansiapi-api, (puterariau.com)

Bupati Siak, H.Syamsuar melakukan kunjungan silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan masyarakat Rokan Hilir. Ini merupakan momen kebahagiaan bagi masyarakat Rokan Hilir masyarakat Siak karena memiliki hubungan ikatan pertalian darah antara dua Kabupaten.

Hal itu disampaikan Bupati H Suyatno saat malam temu ramah kunjungan Bupati Siak, Jumat malam (15/4/2017) di mess Pemkab Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengisahkan tentang kebahagiaannya bersama H.Syamsuar waktu di Kabupaten Bengkalis. "Dia menyatakan cukup erat hubungan dengan Syamsuar. Beliau balik kampung halaman kelahirannya di Desa Jumrah untuk berziarah dan bersilaturahmi dengan masyarakat.

Suyatno menceritakan bahwa Syamsuar mempunyai kenangan lama  di Bagansiapi-api. "Beliau menamatkan sekolah SD dan SMP di Bagansiapi-api kemudian melanjutkan SMA ke Kabupaten Bengkalis," katanya.

Kedatangan Bupati Siak menjejaki kota Bagansiapi-api sekaligus membawa rombongan atlet PGRI dalam rangka pertandingan  persaudaraan antar Kabupaten Siak dan Rohil, seperti pertandingan Sepak Bola, Bulutangkis, Bola Voli dan Tenis Meja.

Pertandingan tersebut bukan menilai menang dan kalahnya, melainkan mempererat hubungan batin oleh Siak,Rohil dan Bengkalis yang lahir dalam satu perut Kabupaten induk Bengkalis. 

"Jangan sempat hubungan antara kedua Kabupaten Rohil dan Siak terputus," kata Suyatno.

Bupati Siak, H. Syamsuar menyampaikan bahwa pihaknya membawa 110 orang berkeliling melihat pembangunan dan potensi alam Kabupaten Rohil.

Kegiatan seminar Perseni PGRI dapat dilaksanakan seperti tahun sebelumnya untuk menjadi tuan rumah. Perseni PGRI memiliki banyak manfaat, paling tidak dapat menambah pengetahuan anak-anak yang datangnya dari daerah Kabupaten di Indonesia dan bisa mencetak anak-anak menjadi pemimpin dimasa akan datang. Selain itu, hal ini merupakan program Menteri Kebudayaan RI yang mesti disukseskan.

Kehadiran ini, kata Syamsuar, mengikat silaturahmi dengan saudara-saudara yang ada di Kabupaten Rokan Hilir melalui hubungan batin dengan masyarakat Jumrah dan Tanah Datar Kabupaten Siak.

Kehadiran dirinya juga dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir bahwa dirinya akan maju pada Pilkada Gubernur Provinsi Riau tahun 2018 dari daerah Pesisir.

"Tentunya saya mengharapkan dukungan dari semua pihak. Ketika saat  Pak Annas Makmun menjadi calon Gubernur Riau, dukungan daerah Pesisir sangat luar biasa. Kita mengetahui daerah Pesisir jauh tertinggal dari daerah daratan, ini tentunya diharapkan kekompakan dari semua pihak," ungkap Syamsuar disambut tepuk tangan kalangan pejabat dan masyarakat.

"Daerah pesisir harus kompak karena memang kenyataan daerah pesisir rata-rata memiliki lahan gambut, maka daerah membutuhkan kos yang besar," sebutnya.

Kondisi keuangan negara mengalami defisit 1000 triliun, sehingga tentu pembagian jatah anggaran daerah oleh pusat seperti terjadi daerah penghasil minyak seperti Siak, Rohil dan Bengkalis dikurangi.

"Solusi pusat menutup defisit anggaran melalui program Tax Amnesti yang tak kunjung bisa menutupi defisit anggaran nasional," ujar Syamsuar.

Dengan adanya penundaan pembayaran anggaran ke daerah, sudah semestinya merebut peluang-peluang dan kesempatan secara bersama-sama agar kepedulian pusat kepada daerah pesisir ini makin tinggi.

"Perlu adanya kekompakan agar pusat memiliki kepedulian untuk pembangunan daerah pesisir ini," tukas Syamsuar.

Daerah sangat memerlukan pembangunan infrastruktur seperti hal pembangunan pendidikan sekolah, sarana kesehatan Puskesmas dan sektor usaha ekonomi karena daerah pemekaran masih baru perlunya menggarap potensi daerah yang ada. Kemudian meningkatkan usaha kreatif masyarakat yang memilki nilai ekonomis dipandang sangat perlu.

"Pengembangan sektor potensi wisata daerah hanya tergantung Provinsi Riau yang mengusulkan seperti halnya Pengembangan wisata alam pulau Jemur," pungkas Syamsuar. (Sofyan Rambah)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »