Ketika Diciduk, Petugas Pemungut Pajak Di Inhil Itu Ternyata Penipu

Posted by On Sunday, April 23, 2017



Tembilahan, (puterariau.com)

Sulitnya kehidupan saat ini membikin otak warga berputar tiga kali lipat lebih kencang. Asal ada duit masuk, apapun dilakoni demi sesuap nasi kehidupan. Kesulitan ekonomi inilah agaknya yang menjadi referensi tersangka penipuan di Tembilahan ini melancarkan aksinya.

Bermula pada hari Jumat, 21 April 2017 lalu diterima laporan Polisi dari Azri (50 tahun) tentang tindak pidana pemalsuan surat setoran retribusi daerah pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Inhil yang dilakukan oleh pelaku Hen Alias Ri, 35 tahun ( tidak bekerja) beralamat di jalan Gunung Daek, Kelurahan Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

Terduga pelaku diamankan saat berada di Kantor Pegadaian Cabang Tembilahan, Jl. Baharuddin Yusuf Tembilahan, Kel. Sei. Beringin, Tembilahan.

Beberapa barang bukti disita dari terduga pelaku yaitu surat setoran retribusi daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Dinas Pendapatan yang asli, surat setoran retribusi daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Dinas Pendapatan yang dibuat oleh terduga pelaku pada tahun 2016 antara lain jenis setoran pajak reklame dan retribusi izin gangguan (HO) gudang, surat setoran retribusi daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Dinas Pendapatan yang dibuat oleh terduga pelaku pada tahun 2017 antara lain jenis setoran retribusi izin gangguan (HO) dan pajak reklame gudang jenis setoran retribusi HO penangkaran sarang burung walet, bantalan cap merek Hero, cap stempel yang bertuliskan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Pendapatan Kecamatan Tembilahan Unit Pelaksana Teknis.

Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK melalui melalui Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Arry Prasetyo, SH MH menceritakan kronologis kejadian yang bermula pada hari Selasa, 18 April 2017 sekitar pukul 11.30 WIB lalu, pelapor mendapat informasi dari pegawai Kantor Pegadaian yang mengatakan bahwa ada seseorang yang mengaku petugas pemungut pajak datang ke kantor Pegadaian Cabang Tembilahan.

Kemudian pada Jumatnya, 21 April 2017, pelapor mendatangi kantor pegadaian untuk mengklarifikasi permasalahan tersebut dan pelapor merasa curiga terhadap oknum pemungut pajak tersebut dan pelapor meninggalkan nomor handphone agar dapat dihubungi apabila oknum yang mengaku petugas pemungut pajak tersebut datang kembali ke kantor Pegadaian. 

Siangnya, pelapor mendapat telepon dari kantor Pegadaian bahwa oknum yang mengaku petugas pemungut pajak tersebut sedang berada di kantor Pegadaian yang kemudian pelapor menghubungi Kabid Pengembang Evaluasi Pendapatan Daerah, Kab. Inhil, H. Burhan, SH MH agar bersama-sama ke kantor Pegadaian.

Sesampainya di Kantor Pegadaian, pelapor melihat terduga pelaku Hen alias Ri, sedang berada di ruangan bersama Kepala Pegadaian, Dino Saputra, dan diketahui bahwa oknum tersebut bukan petugas pemungut pajak dari kantor Dispenda Kab. Inhil. Tanpa pikir panjang lagi, pelapor langsung menyampaikan kejadian tersebut ke Polsek Tembilahan.

Kapolsek Tembilahan, Iptu Zulhendra segera memerintahkan Unit Reskrim Polsek Tembilahan untuk membawa pelaku dan barang bukti ke Mapolsek Tembilahan untuk pengusutan lebih lanjut yang saat ini pelaku beserta barang bukti diamankan di Polsek Tembilahan. (Zamri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »