Abdul Hamid SH : 'Masyarakat Sinaboi Tolak Program Kemitraan PT DRT'

Posted by On Monday, April 17, 2017



Sinaboi, (puterariau.com)

PT. Diamond Raya Timber (DRT) merencanakan membuat program kemitraan dengan membebaskan lahan HPH (Hak Pengusahaan Hutan) yang akan dibebaskan pada masyarakat Kepenghuluan Kecamatan Sinaboi dan sekitarnya. Terkait hal ini, telah dilakukan rapat di lantai IV Kantor BPKAD Rokan Hilir yang dihadiri H.Wan Syaiful dari Pihak PT. DRT (mantan Kadishut Rohil) dengan Bupati Rokan Hilir, Suyatno dan jajaran Pemkab Rokan Hilir.

Namun sampai saat ini, program kemitraan yang ditawarkan PT. DRT belum mendapatkan kesepatakan dari berbagai pihak terutama masyarakat Sinaboi. Camat Sinaboi mengakui bahwa rapat telah digelar terkait program kemitraan yang mana masyarakat diberikan lahan sebanyak 10.000 hektar antara Kecamatan Bangko dan Sinaboi. "Namun hal itu belum mendapatkan keputusan masyarakat," ujar Abdul Hamid SH, Camat Sinaboi, Senin (17/04) di Bagansiapi-api.

Keputusan belum konkrit, karena masyarakat Penghulu Darul Salam Sinaboi dan pihak koperasi belum membuat kesepakatan. "Karena ada yang kurang setuju dengan program kemitraan yang ditawarkan PT. DRT terhadap masyarakat diiringi adanya penolakan oleh sekelompok masyarakat," katanya.

Apalagi selama ini, kata Abdul Hamid, pihak PT. DRT beroperasi namun belum memberikan kesejahteraan lingkungan pedesaan dengan melakukan kegiatan penanaman penghijauan (reboisasi). "Dan masyarakat mengetahui hal itu," sebutnya.

Selain itu, Perusahaan tidak pernah sama sekali melakukan pembangunan sarana pendidikan dan sarana sosial lainnya (tempat ibadah). Begitupun terhadap ekonomi warga Sinaboi yang masih morat-marit, alih-alih menawarkan program kemitraan atas nama masyarakat, dan hal itulah yang menjadi pertimbangan masyarakat Sinaboi Darul Salam dan Mekar Sari Kecamatan Sinaboi, beber Camat mengungkapkan. (Sofyan Rambah/Beni)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »