Standart Pelayanan Publik Di Inhil Masih Berada Di Zona Kuning

Posted by On Sunday, March 12, 2017

Tembilahan, (puterariau.com) I ---Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menerima kunjungan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau dalam rangka hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai UU No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di lantai 5 Kantor Bupati Indragiri Hilir. Dalam menerima kunjungan itu, Bupati HM Wardan didampingi asisten I Drs.Afrizal, asisten II Drs.Rudiansyah, Kepala Dinas, Badan, Kabag dan Camat se-Kabupaten Indragiri Hilir.
Rombongan Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Riau terdiri dari Dasuki (bidang pencegahan Ombudsman), Bambang Pratama (bidang penyelesaian laporan Ombudsman). Maksud dan tujuan kunjungan ini untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.
Penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik untuk pengumpulan data Kabupaten Indragiri Hilir yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Agustus 2016 lalu. Untuk diketahui, ada 3 zona kepatuhan pelayanan publik yaitu hijau, kuning dan merah.
Sementara itu, hasil dari penilaian kepatuhan pelayanan publik untuk Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berada di zona kuning, yakni pada posisi 41 dari 85 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang termasuk dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik. 9 variabel penilaian dari Ombudsman RI ialah berupa standar pelayanan, sistim informasi pelayanan, publik, sarana dan prasarana, pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, penilaian kerja, visi misi dan motto pelayanan, serta atribut. Diharapkan pada tahun 2018 nanti, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berada pada zona hijau, sebut Bambang Pratama menjelaskan. 
Sementara itu, Asisten I Setdakab Inhil, Drs.Afrizal mengatakan bahwa penilaian kepatuhan standar pelayanan publik dan hasilnya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Meskipun tahun ini masih di zona kuning, ia optimis ada peningkatan bertahap pada tahun 2017 ini. "Masih banyak pekerjaan kita yang harus dilakukan dalam rangka kesiapan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat di bidang administrasi, mudah-mudahan tahun ini bisa meningkat," harapnya. (Beni/Adv)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »