Pemkab Kuansing Himbau Warga Waspada Banjir

Posted by On Thursday, March 02, 2017

PuteraRiau.com, Kuantan Singingi I --- Warga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau khusus yang berada di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) diminta waspada banjir karena kondisi air mulai naik yang dikhawatirkan meluber ke permukiman.

"Curah hujan yang tinggi baik dikawasan hulu tengah dan hilir membuat elevasi air sungai Kuantan meningkat," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuantan Singingi (Kuansing) Muharlius di Teluk Kuantan.

Muharlius mengatakan, sepanjang sungai terlihat sudah mulai banyak buih dan kotoran, setiap air naik salah satu penyebabnya adalah curah hujan tinggi, semua aliran sungai kecil dan selokan menuju satu arah.

Masyarakat selain harus waspada juga mengantisipasi ternak dan anak  kecil agar tidak bermain di pinggiran daerah aliran sungai.

Warga yang melakukan berbagai kegiatan usaha di sungai harus benar-benar waspada agar terhindar dari dampak banjir. Curah hujan tinggi juga berpotensi menimbulkan abrasi maupun pencemaran lingkungan.

Salah satu petani Kuansing Yendra (37) mengatakan, dalam sepekan kondisi air sungai mulai naik karena datangnya musim hujan, namun hingga saat ini masih banyak warga yang melewati untuk pergi kekebun karena jalan lain tidak ada.

"Kami juga khawatir air semakin naik, untuk itu sebaiknya pemerintah mengingatkan warga serta mempersiapkan peralatan evekuasi dan kesehatan," pintanya.

Menurutnya, sepanjang aliran sungai tidak semua terlihat dalam dan airnya tenang karena ada sebagian dangkal disebabkan tumpukan pasir, namun sejumlah tempat terlihat sangat rawan selain arus air kencang juga membahayakan warga terutama di tititk yang memiliki kedalaman lebih dari dua meter.

Namun tingginya curah hujan juga berdampak positif bagi petani yang berada di lingkungan persawahan, karena air tersedia dalam jumlah cukup untuk menyuburkan tanaman. (pr/antarariau)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »