Saking Tertariknya, Investor Sosialisasi Prospek Pinang Muda di Desa Sanglar Reteh

Posted by On Monday, February 27, 2017

Sanglar, (puterariau.com) I --- Saking tertariknya investor terhadap komoditi pinang muda dari Inhil, khususnya di wilayah Indragiri Hilir bagian Selatan, pihak PT.Aroma Jaya Indonesia bahkan mengirimkan perwakilannya ke Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, baru-baru ini. Mr.Stephen, perwakilan dari manajemen perusahaan mengatakan bahwa peluang industri pinang muda cukup besar sehingga perusahaan meyakini akan memberikan harga terbaik buat petani.
Hal ini disebutkan Mr.Stephen saat rapat bersama seluruh RT, RW dan Kepala Parit yang ada di Desa Sanglar dan sekitarnya yang difasilitasi Kepala Desa Sanglar, Alvian bahwa perusahaan ingin memajukan seluruh petani dengan kebersamaan. Pihaknya berharap ada kerja sama seluruh masyarakat terkait komoditi pinang muda yang ada di wilayah Indragiri Hilir.
Kepala desa Sanglar, Alvian yang akrab disapa Iyan sangat merespons positif keinginan investor asing tersebut. Ia berharap ada kemitraan antara perusahaan dengan pihak masyarakat terkait hal ini. Demikian pula dengan perizinan, mekanisme dan lain sebagainya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 
Mengenai ketertarikan pihak PT.Aroma Jaya Indonesia ini mendapat sambutan hangat dari petani. Namun dalam euforia meningkatnya permintaan pinang muda nantinya, petani berharap agar harga pinang muda tersebut sesuai dengan standar harga yang menguntungkan. Apalagi kerja sama jangka panjang mesti disertai dengan itikad baik perusahaan untuk melindungi petani, sumber daya alam dan lingkungan sekitarnya.
Abd Azis sebagai salah seorang kepercayaan pihak perusahaan dalam pengumpulan pinang muda mengharapkan agar perusahaan berkomitmen membela masyarakat petani. Selain itu pihak perusahaan mesti mentaati komitmen bersama dalam penentuan agen pengepul dan pemegang DO. "Jangan sampai perusahaan membuka DO baru pula bagi yang lain karena akan terjadi permasalahan nantinya karena banyak tangan," sebutnya. 

Sementara itu, Sekretaris Serikat Petani Indragiri (SPI) Lukman Hakim, AMd sangat mendukung dan merespons positif untuk meningkatkan kesejahteraan petani , Apalagi pinang muda merupakan prospek baru untuk budidaya tanaman pinang di Inhil yang dapat menambah income masyarakat. (pr) 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »