Ketua MPR Ingatkan Kepala Daerah Untuk Prioritaskan Rakyat Pribumi Ketimbang Pengusaha Asing

Posted by On Tuesday, February 21, 2017

Jakarta, (puterariau.com) I ----Dalam sepekan, Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan dua kali berbicara keras perihal implementasi tata negara dalam kapasitasnya sebagai Ketua Lembaga tertinggi negara. Menjadi sorotan Zulkifli Hasan mengenai negara yang membiarkan tenaga kerja asing bekerja di sejumlah industri, sementara pekerja pribumi masih sangat banyak yang menganggur.

Di sektor pertanian saja misalnya, penguasaan lahan pertanian di beberapa daerah yang didominasi pihak asing, sementara petani kita hanya menjadi kuli tani atau tidak memiliki lahan sama sekali. "Kebijakan yang baik itu yang dampaknya sangat fatal, alangkah baiknya jika rakyat diajak bicara dahulu sebelum diputuskan oleh pejabat," ujar Zulkifli Hasan pada Putera Riau.

Selain itu, ia meminta kepada kalangan yang punya uang untuk tidak pamer kekayaan dan kekuasaan di tengah rakyat Indonesia yang masih banyak dalam kondisi miskin. Zulkifli juga menyentil beberapa kepala daerah yang menjadi 'raja besar' di wilayahnya seperti sering 'marah-marah' saat memimpin di depan rakyat, mengambil jalan pintas menjadi kaya atau melakukan tindakan korupsi yang bisa berujung penjara.

Tidak hanya itu, ia juga menyinggung kepala daerah yang telah menjadi tuan tanah yang doyan membagi-bagikan lahan kepada investor, sumber daya alam dijual murah tanpa melihat kelestarian alam dan lain sebagainya yang sarat dengan eksploitasi alam. "Kesenjangan ekonomi utamanya di daerah terjadi karena sumber daya ekonomi uang dan tanah dikuasai orang kuat di daerah itu," ujarnya.

Zulifli Hasan berharap agar sejak dari Presiden sampai kepala daerah untuk taat pada konstitusi. "Jangan sampai negara tidak hadir untuk melindungi rakyatnya sendiri ketika rakyatnya susah," katanya di Ancol, Jakarta Timur, baru-baru ini. (Erwin Kurai)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »