Investor Tertarik Pada Prospek Pinang Muda Di Inhil

Posted by On Thursday, February 16, 2017

Kotabaru, (puterariau.com) I -----Baru-baru ini investor dari negeri Tirai Bambu tertarik dengan pinang muda di Inhil. Mereka yang saat ini sedang membangun pabrik di Kuala Tungkal Propinsi Jambi tersebut sudah melakukan survei di beberapa wilayah di Kabupaten Inhil khususnya Kecamatan Keritang dan Kecamatan Reteh.

Menurut Azis, salah seorang kepercayaan dari Perusahaan tersebut, rencana pihak investor untuk memperoleh bahan baku dari Inhil ini merupakan salah satu keuntungan bagi petani di Inhil. Pasalnya, komoditi petani yang berupa pinang akan menjadi barang berharga. Dikatakannya, ini menjadi sebuah potensi ekonomi baru bagi petani di Inhil untuk memaksimalkan lahan yang ada.

Apalagi tanaman pinang masih sering dibarengi di areal perkebunan kelapa petani. Kedua tanaman ini dapat tumbuh berbarengan tanpa mengganggu satu sama lain. "Ini sebuah prospek baru untuk income petani dimana ketika masih menunggu panen kelapa, pinang yang hanya menunggu satu bulan sudah bisa dipanen untuk menjadi pendapatan alternatif," katanya.
Harga pinang muda ini berkisar antara Rp.4300 hingga Rp.4500 per kilogramnya saat ini. Azis menyebutkan bahwa ukuran pinang muda yang dibutuhkan tersebut antara 4,5 cm hingga 5,5 cm dengan kisaran perkilo-nya 46 sampai 52 biji. Untuk di wilayah Inhil Selatan sendiri, ada tiga orang kepercayaan PT. Aroma Jaya Indonesia tersebut, antara lain Azis, Ading dan Hamzah.

Lukman Hakim AMd, anggota Serikat Petani Indragiri yang hadir saat pemaparan Azis tersebut sangat merespons positif atas ketertarikan pihak investor dalam melirik komoditi pinang muda di Inhil. "Tentunya pinang di Inhil akan menjadi daya tarik tersendiri karena begitu dibutuhkan pihak luar. Ini sebuah potensi ekonomi yang harus dimanfaatkan oleh seluruh petani yang ada dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya," ujar Lukman.

Dengan demikian, sebut Lukman, harga komoditi pinang di Inhil diharapkan dapat bersaing dengan pasaran internasional sehingga taraf hidup petani di Inhil kian terangkat. (pr)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »