Rokok Ilegal Masuk, Siapa Yang Kenyang?

Posted by On Tuesday, January 24, 2017

Sungai Guntung (Inhil), puterariau.com I --------Selama ini kerapkali terdengar beredar jenis rokok tanpa cukai alias ilegal ke Propinsi Riau. Salah satu pintu masuk penyebaran rokok ini adalah Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir.
Sebagaimana diketahui, jenis rokok dari Batam itu cukup bervariasi. Mulai dari merek Luffman, H-Mild dan merek lainnya. Rokok tanpa cukai yang masuk itu tentu merugikan negara karena hilangnya pendapatan negara melalui sektor pajak. Namun sudahlah negara dirugikan, masyarakat pun tak pernah mendapat untung. Karena masyarakat pun tak pernah diuntungkan oleh keberadaan masuknya rokok tersebut.
       Cukup aneh kalau petugas tak mengetahui keberadaan jenis rokok tersebut, sebab masyarakat awam yang boleh dikatakan cuma numpang tidurpun mengetahui masuknya rokok ini melalui jalur laut. Lalu kenapa petugas tak mengetahuinya ? Masyarakat menduga ada pihak yang diberi makan sehingga membiarkan hal itu terus terjadi.
        Dari Penelusuran putera riau di lapangan, salah satu pengusaha Cina yang berbisnis rokok tanpa cukai di Sungai Guntung itu adalah Ageng Cina. Dalam kegiatan bisnis ini, Ageng tampaknya tidak takut menjalankan bisnis yang boleh disebut merugikan daerah dan negara tersebut. Mungkin ada pihak lain yang kenyang oleh pemilik Toko Cahaya Teknik itu, sehingga tak sungkan membongkar barang tersebut di ranah publik.
       Bisnis rokok tanpa cukai ini memang sulit diberantas karena banyak yang sudah berhasil menjalankannya. Artinya mereka yang sudah kenyang walaupun melanggar aturan tetap membela bos besar. Inilah menjadi perhatian kita dalam gerakan 'revolusi mental' Presiden RI Joko Widodo terkait apa yang harus diubah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Jika peredaran itu tak ada, kenapa masih ditemukan barangnyanya di Kecamatan Kateman," asumsi warga. (ridho/roder)





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »