Rencana Penobatan Sultan Indragiri Disepakati tanggal 25 Februari 2017

Posted by On Friday, January 06, 2017

Rengat,  puterariau.com ---- Menindaklanjuti rapat bersama tanggal 23 desember lalu,  maka Forum Kekerabatan Kesultanan Indragiri (FKKI) melakukan rapat bersama dengan Pemda Inhu , Jumat (6/1/2017) di kantor Dispora Indragiri hulu. Hadir dalam rapat ini antara lain,  Wakil Bupati Indragiri Hulu,  Drs. H. Khairizal Msi, Ketua FKKI,  HR. Maizir Mit SE MBA, Ketua Harian FKKI,  R. Iskandar Rab, Kadispora Inhu, kabag ,instansi terkait serta Camat ,Kepala Desa di Inhu, Ketua Komisi 3 DPRD Inhu, R. Irwan Tony serta R. Darlan Johan Anggota DPRD Inhu.

Kemudian dari pengurus FKKI yang hadir antara lain,  R.  Marjohan yusuf, Encik Hasyim, R. Muzamir, R. Lukman Mat,  R. Indra bangsawan, Encik Afrizal ,R. Dahrius, Sumadi Sam ,  Tengku Syamsul Edi dan Humas FKKI Fadila Saputra.

Bupati Indragiri Hulu,  H Yopi Arianto melalui Wakil Bupati Indragiri Hulu,  H. Khairizal mengatakan sangat mendukung dan antusias dengan adanya penobatan sultan Indragiri ini. "Kita dari Pemda Inhu Akan Back UP acara ini dengan semaksimal mungkin,  karena ini adalah budaya dan adat istiadat kita. Adat ini bukan hanya milik keluarga kesultanan saja,  tapi milik masyarakat Inhu, Masyarakat Riau dan Masyarakat Indonesia, " kata wabub.

Dikatakannya khairizal lagi, penobatan Sultan ini kita sepakati tanggal 25 Februari 2017, dan kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk acara ini dengan sebaik mungkin. Sebab Acara ini akan dihadiri oleh Gubernur Riau serta Bupati Se Riau dan Undangan lainnya. Khairizal mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan sakral,  tidak bisa dilakukan berulang-ulang lagi seperti acara lain. Dan ini juga sesuai dengan program pemerintah pusat yang sedang menggalakan sektor pariwisata.

"kedepannya kita akan mengembangkan adat budaya Indragiri hulu ini agar menjadikan destinasi budaya untuk pelestarian budaya yang imbasnya mengangkat perekonomian Indragiri Hulu," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata Indragiri Hulu,  Armansyah mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung serta siap melaksanakan acara sakral penobatan Sultan Indragiri ini. "kita akan secepatnya menindaklanjuti hasil rapat ini, dan minggu ini kami akan turun langsung mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang acara penobatan Sultan Indragiri ini," katanya.

Ketua Forum Kekerabatan Kesultanan Indragiri (FKKI),  HR. Maizir Mit mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemda Inhu terkhusus kepada Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu yang betul-betul peduli dengan adat dan budaya Indragiri hulu ini. Ini dibuktikan dengan keseriusan Pemda Indragiri Hulu dalam mempersiapkan Penobatan Sultan Indragiri yang telah disepakati akan dilaksanakan tanggal 25 Februari.

"Demi Melestarikan Budaya dan adat istiadat Indragiri, maka Kita harus bersama-sama bahu membahu dalam melaksanakan kegiatan penobatan Sultan Indragiri ini.  Baik dari Pihak keluarga maupun dari Pemerintah daerah harus menyatukan persepsi agar khasanah budaya kita tidak hilang ditelan zaman.

" Penobatan Sultan ini merupakan salah satu budaya keunggulan lokal tentang wisata budaya yang kita tahu bahwa ini adalah jurus ampuh menunjang perekonomian masyarakat Inhu. Dan sangat disayangkan jika terbiar begitu saja. Yang kita lakukan ini merupakan suatu sejarah yang jarang ada di kabupaten kota lainnya di Riau," tutupnya.  (fadil)



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »