Penggunaan Dana Desa dan ADD di Desa Afia Terindikasi KKN

Posted by On Saturday, January 28, 2017

Nias Utara, puterariau.com I--------Sungguh memilukan, ketika seorang Kades ingin melencengkan anggaran pembangunan yang bersumber dari ADD/DD di tahun 2015 - 2016, Asali Zebua kepala Desa Afia, Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara hendak menutupi anggaran pembangunan kepada masyarakat desa. Ternyata hal itu terungkap setelah masyarakat setempat menduga bahwa pada pembangunan jalan tersebut tidak sesuai dengan perencanaan awal atau hasil musyawarah desa. 

   Pasalnya proyek pembangunan jalan tersebut dinilai tidak sesuai dengan APDes dan RAB yang telah ditetapkan.

   Dari hasil wawancara kepada salah seorang masyarakat desa Afia yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa proyek pembangunan jalan itu tidak berjalan mulus, mulai dari penyediaan alat berat (mesin gilas), pembelanjaan semen yang telah di tentukan 379 sak sedangkan yang dibelanjakan hanya 170 sak, pemotongan HOK pekerja, pengerjaan pondasi tembok penahan yang tidak sesuai bestek dan skala perbandingan serta ketidak transparan pada penarikan dana tahap ke II, sampai pada pengerjaan bak air tidak ada papan proyek sehingga menyalahi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Permendagri No. 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Dana Desa.
     Dilanjutkannya, bahwa proyek pembangunan jalan yang kondisinya tidak sesuai ini harus menjadi perhatian pada pihak pemerintah Kabupaten Nias Utara. "Agar menelusuri serta mengaudit kembali pembangunan yang masih belum sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku," tegasnya sambil mengakhiri pembicaraan.
     Terpisah, Kepala desa Afia Asali Zebua mengatakan bahwa proses pembangunan jalan tersebut telah sesuai dengan prosedur yang berlaku dan sudah siap mempertanggungjawabkan dihadapan penegak hukum, akan tetapi sedikit berdalih bahwa yang bertanggung jawab sepenuhnya dengan pekerjaan ini adalah tim di lapangan. "Sedangkan saya hanya yang memantau dan merealisasi hasil pekerjaan pembangunan jalan ini," paparnya singkat saat konfirmasi langsung di Balai Desa Afia. (alvin/metoz gea)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »