Gempa Bumi Goncang Gunung Sitoli, Warga Diminta Tenang

Posted by On Friday, January 06, 2017

Gunung Sitoli, (puterariau.com)

Telah terjadi gempa bumi tektonik mengguncang Nias pada Jumat, 06 Januari 2017. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 17:24:59 WIB dengan kekuatan M=5,4 SR dengan Episenter terletak pada kordinat 1.38 LU dan 98.04 BT, pada kedalaman 41 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di Kepulauan Nias dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang tetapi tidak menimbulkan kerusakan.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Timur Laut Nias Sumatera Utara yang baru saja terjadi hingga laporan ini disusun pada pukul 17.43 WIB belum ada aktifitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah Nias dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi tidak berpotensi Tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia. Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia, dirilis dari Gandamana Matondang, Kepala Stasiun Geofisika Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara. (Alvin)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »